Daftar Jalur Alternatif untuk Arus Mudik 2016

Daftar Jalur Alternatif untuk Arus Mudik 2016 – Untuk mengurangi kemacetan selama arus mudik 2016, Pemkab di beberapa daerah telah menyiapakan jalur alternatif untuk para pemudik yang menggunakan kendaraan (Baca : Daftar Jalan Tol dan Fly Over yang Siap Dipakai untuk Mudik 2016).

Berikut daftarnya.

Daftar Jalur Alternatif untuk Arus Mudik 2016

Daftar Jalur Alternatif untuk Arus Mudik 2016


Jalur Alternatif Mudik di Bandung

Bagi para pemudik yang terjebak macet saat melalui jalur selatan via Nagreg, bisa menggunakan jalur alternatif via Ibun-Kamojang.


Jalur Alternatif Mudik di Semarang

Sebanyak 12 jalur alternatif di Kabupaten Semarang telah disiapkan untuk kelancaran arus mudik Lebaran 2016. Adapun 12 jalur alternatif meliputi Jalan Urip Sumoharjo-Karangjati, Tuntang-Karanglo-Salatiga, Tuntang-Watuagung-Salatiga, Tingkir-Suruh-Karanggede, Ampel-Kaliwungu-Boyolali, dan Tapen-Candran-Salatiga.

Kemudian jalur alternatif dari Candran menghubungkan Banyubiru, Lanjan-Bedono, Jambu-Bedono, Rengas-Tambakboyo, Rengas-Bawen, Bawen-Jalan Lingkar Ambarawa, serta Langensari-Gebugan-Mijen.


Jalur Alternatif Mudik di Kulonprogo

Alternatif pertama yakni simpang Sindutan yang berada di perbatasan Kulonprogo-Purworejo. Jika jalur utama padat, kendaraan dari barat akan diarahkan menuju Jalur Jalan Lingkar Selatan (JJLS) menuju Bantul.

Alternatif kedua yaitu simpang tiga Toyan (Wates) menuju jalan kabupaten terus ke Bantul. Sedangkan jalur alternatif ketiga berada di simpang tiga Ngeplang (Sentolo) ke utara menuju Magelang.


Jalur Alternatif Mudik di Purwakarta

Di antaranya jalur alternatif Maniis-Cikalong Kulon, Cikopo-Campaka serta jalan Warung Kadu-Pasawahan yang tembus menuju jalan provinsi Purwakarta-Wanayasa.


Jalur Alternatif Mudik dari Surabaya

Untuk jurusan Surabaya-Tuban-Semarang dengan jalur utama Surabaya-Gresik-Lamongan-Babat-Pakah-Tuban-Semarang, pemudik bisa memilih jalur alternatif Surabaya-Boboh-Morowudi-Balongpanggang-Mantup-Lamongan-Babat-Pakah-Tuban-Semarang.

Bila jurusan Surabaya-Bojonegoro-Cepu dengan jalur utama Surabaya-Gresik-Lamongan-Babat-Bojonegoro-Cepu macet, pemudik dapat melalui jalur alternatif Surabaya-Boboh-Morowudi-Balongpanggang-Mantup-gimnagng-Babat-Bojonegoro.

Bila jurusan Surabaya-Madiun dengan jalur utama Surabaya-Krian-Mojokerto-Jombang-Kertosono-Nganjuk-Caruban-Madiun macet, jika para pemudik dapat melalui jalur alternatif Surabaya-Legundi-Murip-Gedek-Ploso-Lengkong-Gondang-Rejoso-Tamanan-Guyangan-Madiun. "Jurusan Surabaya-Madiun biasanya macet di Bra'an Mengkreng dan Saradan," ujar Supaad.

Untuk jurusan Surabaya-Kediri-Tulungagung-Trenggalek dengan jalur utama Surabaya-Krian-Mojokerto-Jombang-Kertosono-Kediri-Tulungagung-Trenggalek, jika macet, pemudik bisa melalui tiga jalur alternatif.

Pertama, melalui rute Surabaya-Legundi-Mlirip-Gedek-Ploso-Lengkong-Kertosono-Banjarsari-Kediri-Bandar-Catur-Kalangbret-Trenggalek. Kedua, melalui rute Surabaya-Mojokerto-Jombang-Ngrandu (Pelem)-Pelemahan-Kediri-Treggalek. Ketiga, melalui rute Surabaya-Mojokerto-Sumobito-Mojoagung-Mojowarno-Ngoro-Kandangan-Pare-Wates-Ponggok-Poluwan-Srengat-Tulungagung-Trenggalek.

Sedangkan untuk jurusan Surabaya-Pasuruan-Probolinggo-Lumajang-Jember-Banyuwangi, jika macet, pemudik bisa melalui jalur alternatif Surabaya-Pasuruan-Probolinggo-Wonorejo-Rambipuji-Balung-Ambulu-Mangli-Jember-Banyuwangi.

Posting Komentar untuk "Daftar Jalur Alternatif untuk Arus Mudik 2016"