Cara Pembayaran Tol Saat Mudik Lebaran 2016

Cara Pembayaran Tol Saat Mudik Lebaran 2016 – Badan Pengatur Jalan Tol Kemenetrian Pekerjaan Umum dan perrumahan Rakyat (BPJT Kemnetrian PUPR) melakukan integrasi sistem pembayaran di tol guna meningkatkan pelayanan terhadap pengguna jalan tol saat arus mudik lebaran nanti.

Integrasi sistem pembayaran yang dilakukan di ruas tol Trans Jawa iin dimulai pada hari Senin lalu. Dua jalan tol yang akan diintegrasikan pada musim mudik nanti, yakni untuk pembayaran Jakarta-Palimanan dan Cipali-Brebes.

Adapun mekanisme transaksinya akan dilakukan dalam dua cara, yakni selama arus mudik dan arus balik. Untuk jalur keluar Jakarta atau arus mudik, pengguna jalan akan mengambil Kartu Tanda Masuk Elektronik (KTME) di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama 1 dan menyerahkannya sekaligus melakukan pembayaran transaksi tol di GT Palimanan untuk ruas Klaster I.

Setelah melakukan pembayaran di GT Palimanan, pengguna jalan selanjutnya mengambil KTME untuk Klaster II dan akan membayarkan tarif tol di gardu-gardu keluar sesuai asal tujuan (sistem tertutup).

Sedangkan untuk jalur menuju Jakarta atau arus balik, pengguna jalan mengambil KTME di Ruas Klaster II pada gardu masuk Ruas Palimanan–Brebes Timur dan kemudian menyerahkan KTME sekaligus membayar tarif tol Ruas Klaster II sesuai asal tujuan (sistem tertutup) pada gardu keluar GT Palimanan.

Khusus transaksi pada GT Palimanan, pengguna jalan mengambil KTME untuk ruas Klaster I dan melakukan transaksi di gardu keluar ruas Jakarta-Cikampek, misalnya di GT Cikarang Utama 2 atau 3 dan atau ruas Cipularang-Padaleunyi.


Cara Pembayaran Tol Saat Mudik Lebaran 2016


Klaster I meliputi Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Jasa Marga), Jalan Tol Cipularang (Jasa Marga), Jalan Tol Padaleunyi (Jasa Marga), dan Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Lintas Marga Sedaya).

Sedangkan untuk integrasi Klaster II meliputi Jalan Tol Palimanan-Kanci (Jasa Marga), Jalan Tol Kanci-Pejagan (Semesta Marga Raya), dan Jalan Tol Pejagan-Pemalang (Pejagan Pemalang Toll Road).

Bagi pengendara yang melakukan pembayaran tol elektronik atau E-Toll menggunakan kartu Bank Himbara (Mandiri, BNI, BRI, dan BTN) dan BCA bisa memakainya di ruas-ruas tol Klaster I.

Sementara untuk transaksi E-toll di Klaster II baru bisa menggunakan kartu Bank Himbara saja, sedangkan BCA menyusul setelah lebaran nanti.

Posting Komentar untuk "Cara Pembayaran Tol Saat Mudik Lebaran 2016"