Udah Dibuka, Begini Cara Daftar Mudik Motor Gratis 2020

Udah Dibuka, Begini Cara Daftar Mudik Motor Gratis 2020 – Kementrian Perhubungan telah membuka pendaftaran mudik motor gratis (Motis) untuk musim Lebaran 2020, bukan mudik gratis ya. Pendaftaran Motis Lebaran 2020 dilakukan secara online dan offline.

Untuk online, pedaftaran bisa dilakukan melalui link berikut, http://motis.djka.dephub.go.id/ . Jadwalnya, mulai tanggal 26 Februari sampai 14 Mei 2020.

Sedangkan untuk offline, pendaftaran akan digelar mulai tanggal 26 Februari sampai 28 April 2020 di sejumlah stasiun yang sudah ditunjuk, yaitu di Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Stasiun Kemayoran, Stasiun Cikarang, Stasiun Depok Baru, Stasiun Tangerang, Stasiun Cimahi, dan Stasiun Kiara Condong.

Pendaftaran offline ini untuk wilayah Jabodetabek dan Bandung. Para peserta nantinya juga akan difasilitasi pembelian tiket KA ekonomi selama persedian tiker masih tersedia.

Untuk arus balik, pendafataran di daerah seperti di Jawa Tengah, Jawa Timur dan DIY, pendaftaran bisa dilakukan mulai tanggal 16 Maret sampai 28 April 2020 di Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Pasar Turi, Stasiun Mojokerto, Stasiun Madiun, Stasiun Purwosari, dan Stasiun Lempuyangan.

Rencananya masa pengangkutan motor dengan kereta api akan dilakukan selama 13 hari, yang dibagi menjadi dua tahap.

Tahap pertama arus mudik, pada tanggal 15 Mei sampai 22 Mei 2020. Sedangkan tahap kedua, yaitu arus bali dari tanggal 27 Mei sampai 1 Juni 2020.


Cara Daftar Mudik Motor Gratis 2020


Lintasan Motis Lebaran 2020


Ada tiga lintas perjalanan pada program Motis Lebaran 2020, yaitu

Lintas Utara

Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cikarang/Lemahabang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Ngrombo, Stasiun Cepu, Stasiun Bojonegoro, Stasiun Babat, Stasiun Surabaya Pasarturi.

Lintas Selatan I

Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cikarang/Lemahabang, Stasiun Cimahi, Stasiun Kiaracondong, Stasiun Sidareja, Stasiun Kroya, Stasiun Gombong, Stasiun Kebumen, Stasiun Kutoarjo.

Lintas Selatan II

Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cikarang/Lemahabang, Stasiun Cirebon Prujakan, Sta Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Purwosari, Stasiun Madiun, Stasiun Kertosono, Stasiun Jombang, Stasiun Mojokerto, Stasiun Surabaya Pasarturi.

Mengenai pesyaratannya yang harus dipenuhi, anda bisa baca selengkapnya di bawah ini.



Persyaratan Mudik Motor Gratis Lebaran 2020


1. Semua peserta Motis 2020 dengan KA, mendaftarkan diri secara Online melalui mudikgratis.dephub.go.id pendaftaran secara Online bisa dilakukan di Rumah atau di Posko pendaftaran yang ditunjuk.

2. Bagi Peserta yang sudah mendaftar secara Online diwajibkan melakukan verifikasi ke Posko 2×24 Jam, untuk menghindari terjadinya penghapusan pendaftaran secara otomatis.

3. Pemberangkatan sepeda motor, 1 hari lebih awal dari jadwal keberangkatan Peserta Motis.

4. Peserta yang hanya mendaftarkan Sepeda Motor, diwajibkan memiliki /menunjukkan bukti Mudik (berupa Tiket KA/ Bus/ Travel atau Pesawat.

5. Pendaftaran Sepeda Motor pada system Aplikasi Motis 2020, sudah dirangkai dengan pembelian Tiket Penumpang KA.

6. Syarat pembelian Tiket Penumpang :
a. Satu peserta harus memiliki KTP, Kartu Keluarga, SIM C dan hanya dapat mendaftarkan 1 motor serta dapat di fasilitasi pembelian tiket KA (selama alokasi masih tersedia) dengan ketentuan 2 DEWASA + 1 ANAK MAX 11 TAHUN DAN INFANT
b. Pembelian Tiket KA untuk Peserta Motis adalah sesuai dengan Nama Peserta Motis yang terdaftar.
c. Pembelian Tiket KA untuk penumpang ke 2 (dua) dan ke 3 (tiga) adalah yang tercantum dalam Kartu Keluarga Peserta yang terdaftar.
d. PEMBELIAN DENGAN TIDAK MENGINDAHKAN KETENTUAN SEBAGAIMANA YANG TERCANTUM PADA POIN 6 a, b dan c, AKAN DIBATALKAN OLEH PANITIA DENGAN KONSEKUENSI TIKET DI NYATAKAN TIDAK BERLAKU (HANGUS)

7. Sepeda Motor di serahkan H-1 atau satu hari sebelum tanggal keberangkatan Sepeda Motor

8. Pada saat penyerahan Sepeda Motor, Peserta wajib menunjukkan KTP Asli pendaftar dan bukti pendaftaran.

9. Sepeda Motor yang masuk di stasiun penyerahan maupun yang keluar di stasiun Tujuan, akan dikenakan biaya Parkir oleh pengelola Parkir Resmi Stasiun (PT Reska, PT Kalog maupun rekanan PT KAI)

10. Helm di bawah oleh masing-masing Peserta, Kaca Spion akan dilepaskan dan dibawah oleh Peserta. Peserta dihimbau untuk mengisi BBM hanya untuk sampai Stasiun Awal saat proses penyerahan karena sesuai ketentuan pengangkutan, BBM wajib untuk dikosongkan.

11. Peserta akan mendapatkan Kode Booking Tiket KA pada saat penyerahan Sepeda Motor. Tanpa menyerahkan Sepeda Motor, pendaftaran dianggap hangus dan tidak berlaku.

12. Peserta DILARANG memberikan Tip bagi Petugas Motis 2020.

13. Para peserta wajib tunduk pada peraturan yang berlaku

Posting Komentar untuk "Udah Dibuka, Begini Cara Daftar Mudik Motor Gratis 2020"