Inikah Penyebab Sebenarnya Banyak Kecelakaan di Tol Cipali ?

Inikah Penyebab Sebenarnya Banyak Kecelakaan di Tol Cipali ? – Tol Cipali menjadi tol terpanjang di Indonesia saat ini. Meskipun belum lama dipakai untuk umum, tol dengan panjang sekitar 116 kilometer ini telah memakan banyak korban.

Banyak faktor yang menjadi peyebab tingginya angka kecelakaan di tol Cipali (Baca : Inilah Penyebab Utama Banyak Kecelakaan di Tol Cipali), namun ada satu faktor yang mungkin menjadi penyebab utama sebenarnya.

Diceritakan tokoh Desa Panjalin Lor Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka bernama Ahmad, sebelum jalan tol sepanjang 116 kilometer itu dibangun, terdapat 600 makam di sekitar jembatan itu, termasuk makam Mbah Samijen.

“Makam Mbah Samijem sudah ada sebelum Kota Majalengka ada,” kata Ahmad.

Makam-makam itu kemudian dipindahkan ke sisi kanan jalan tol dari arah Jakarta menuju Cirebon. Posisi makam Mbah Samijem saat ini berada persis di sisi jalan tol. Padahal sebelumnya makam Mbah Samijem ada di tengah-tengah pemakaman.

Inikah Penyebab Sebenarnya Banyak Kecelakaan di Tol Cipali


Ahmad menjelaskan pemindahan makam warga oleh kontraktor jalan Tol Cipali tanpa melalui ritual, seperti ziarah ke makam Mbah Samijem dan lainnya. Intinya, kata Ahmad, meminta izin kepada Yang Maha Kuasa agar dalam pelaksanaan pembangunan dan pengoperasian jalan tol tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Mereka boleh tidak percaya, tapi itu nilai-nilai yang kami anut di sini,” katanya.

Selain tidak melakukan ritual, kontraktor juga tak berdialog atau bernegoisasi kepada ahli waris. Mereka langsung memindahkan makam setelah memberikan uang kompensasi yang hanya Rp 100.000.

Kini kondisi makam berada di tengah-tengah sawah dan perkebunan. Tidak ada satu pun akses jalan yang bisa dilewati warga. Sehingga saat ada warga yang meninggal, warga harus berjalan masuk ke sawah dan menggotong keranda secara estafet.

Ahmad menyayangkan PT Lintas Marga Sedaya, pemilik jalan tol terpanjang di Indonesia itu, tidak menghargai adat istiadat di kampung. Walhasil dia tak heran menyaksikan sejumlah kecelakaan mobil yang menewaskan pengendaranya terjadi di jalan Tol Cipali yang masuk wilayah Kabupaten Majalengka


Masukan email untuk update info :

Related Posts

1 comment

  1. Apakah bisa kalau misalkan kita menukar tanggal keberangkatan sedangkat tiket sudah dibooking ?

    ReplyDelete

Post a Comment