-->

Mudik 2017 Jalan Tol Tembus ke Semarang, Ini Jalurnya

Mudik 2017 Jalan Tol Tembus ke Semarang, Ini Jalurnya – Masyarakat yang ingin mudik tahun ini akan dimanjakan oleh beberapa ruas jalan yang baru. Saat ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mengerjakan tiga jalan tol di Jawa Tengah.

Tiga ruas jalan tol tersebut adalah Batang-Semarang, Batang-Pemalang, dan Pejagan-Pemalang. Jalan tol ini merupakan bagian dari Tol Trans Jawa dan akan digunakan unuk mudik 2017.

Basuki Hadimuljono, Menteri PUPR mengatakan kalau pemudik yang berasal dari Jakarta bisa melanjutkan perjalanannya via tol sampai Ngaliyan di Semarang. Tidak lagi berdesakan di Brebes Timur alias Brexit seperti musim mudik tahun lalu.


Mudik 2017 Jalan Tol Tembus ke Semarang, Ini Jalurnya


Menurut dia, sebenarnya secara operasional tol yang sudah beroperasi dari arah Jakarta hanya mentok sampai di Brexit, sementara jalan tol dari Brebes sampai Ngaliyan tersebut merupakan jalan tol fungsional yang dibuka hanya untuk arus mudik saja.

"Kalau operasional sampa Brebes Exit, kalau fungsional ya sampai Ngaliyan di Semarang," kata Basuki di sela-sela kunjungan kerjanya di Semarang, Kamis (16/2/2017).

Menurut Basuki, sesuai target tol dari Brexit hingga Semarang baru bisa beroperasi secara penuh pada tahun 2018. Saat ini pengerjaan terus dikebut bersamaan dengan pembebasan lahan.

"Kalau Pemalang-Batang di Kabupaten Batang sekitar 70% lahan sudah bebas. Namun secara total dari Pekalongan sampai pemalang sudah 94% lahan bebas. Konstruksi yang ultimate selesai di 2018, 10% persen (sekarang). Kalau konstruksinya kan kita akan selesaikan di 2018. Janji saya kan gitu, programnya semua di 2018 operasional. Namun fungsionalnya mudik ini. Namun dengan tanah 94% (bebas) pasti Anda juga yakin," pungkasnya.


Masukan email untuk update info :

Related Posts

Post a Comment