-->

8 Hal Penting Saat Pemeriksaan Keamanan di Bandara

8 Hal Penting Saat Pemeriksaan Keamanan di Bandara - Bandara merupakan destinasi yang cukup sibuk melayani arus lalu lintas bagi masyarakat pengguna transportasi udara. Adanya pemberlakuan PM 127 mengenai aturan keselamatan penerbangan, mewajibkan setiap bandara di Indonesia untuk menjalankan prosedur keamanan yang sesuai dengan standar internasional.

Penempatan alat pemindai untuk memeriksa bawaan penumpang di gerbang-gerbang masuk menjadi salah satu upaya peningkatan keamanan. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan saat melakukan pemeriksaan keamanan agar proses yang berlangsung tidak memakan waktu lama.

8 Hal Penting Saat Pemeriksaan Keamanan di Bandara


Bawa cairan sesuai ketentuan

Membungkus cairan dengan rapat dari gerai bebas pajak (duty free) sesuai dengan jumlah yang ditentukan oleh bandara asal dan tujuan. Bila bepergian keluar negeri, ketentuan cairan yang diperbolehkan adalah kurang dari 100 mililiter kecuali obat-obatan bagi penderita sakit dan susu bayi.


Pegang tiket dan kartu identitas lain

Disarankan untuk menyiapkan tiket dan identitas pribadi untuk memangkas waktu ketika proses pemeriksaan keamanan.


Melepas asesoris yang melekat di pakaian atau badan

Di Indonesia sebelum masuk antrian, melepas jaket, jam tangan, sepatu, atau dompet adalah hal yang disarankan. Akan tetapi di beberapa negara, prosedur pemeriksaan lebih ketat perihal asesoris ini.


Memisahkan elektronik berukuran besar

Perangkat elektronik dengan ukuran besar seperti laptop, konsol permainan, atau kamera video perlu dikeluarkan dari tempatnya untuk di cek oleh pihak keamanan. Disarankan untuk tidak memasukkan elektronik berukuran kecil di kantung.


Tidak menggunakan sandal

Hindari pemakaian sandal bila menggunakan penerbangan internasional karena beberapa negara memiliki prosedur berbeda terhadap hal ini. Sehingga akan memperlama proses pemeriksaan.


Periksa jarak gerbang keberangkatan

Pada bandara internasional yang luas dan sangat sibuk, terkadang gerbang keberangkatan jauh dari tempat pemeriksaan. Jadi diperlukan kalkulasi waktu yang tepat untuk penerbangan internasional.


Hindari kegaduhan dengan petugas keamanan

Perlunya menghindari perdebatan dengan pihak kemanan bandara serta menaati peraturan yang disampaikan. Karena petugas keamanan berwenang untuk melakukan penahanan kepada calon penumpang yang membuat keributan.


Menghindari candaan tentang bom

Kata ‘bom’ merupak hal sensitif bagi industri penerbangan. Beberapa kasus penangkapan penumpang telah terjadi akibat candaan topik ini.


Masukan email untuk update info :

Related Posts

Post a Comment