Daftar Titik Macet dan Pasar Tumbah Mudik Lebaran 2016

Daftar Titik Macet dan Pasar Tumbah Mudik Lebaran 2016 – Jika anda berencana mudik tahun ini dengan kendaraan pribadi, sebaiknya persiapkan dari sekarang salah satunya rute yang ingin dilalui.

Seperti kita tahu banyak jalan tol baru yang sudah siap digunakan untuk mudik 2016 nanti (Baca : Daftar Jalan Tol yang Siap Dipakai untuk Mudik 2016), anda bisa menggunakan jalan tersebut untuk menghindari kemacetan selama perjalan mudik.

"Dari hasil evaluasi penyelenggaraan angkutan Lebaran sebelumnya, beberapa  lokasi  yang dapat menimbulkan kemacetan pada saat arus mudik dan balik di antaranya pintu tol, persimpangan, pasar tumpah, perlintasan KA sebidang, kawasan wisata, dan SPBU dan rest area di jalan tol," kata Kepala Biro Informasi dan Komunikasi Publik Hemi Pamurahardjo dalam siaran pers, Jumat (29/4/2016).

Daftar Titik Macet dan Pasar Tumbah Mudik Lebaran 2016


Hemi menjelaskan lokasi rawan kemacetan di Pulau Jawa juga telah diidentifikasi Kemenhub pada 11 titik yaitu:

-Merak
- Cikampek dan sekitarnya
- Nagrek dan sekitarnya
- Cirebon-Pejagan-Brebes Ps Gebang
- Akses Tol Pejagan dan Pejagan
- Ketanggungan – Prupuk
- Jembatan Cipait dan Kalipah
- Ciregol
- Sumpiuh
- Akses Tol Semarang – Ungaran
- Ambarawa
- Broncong
- Tuban
- Babat
- Lamongan
- Porong – Sidoarjo.

Sementara, telah teridentifikasi sebanyak 24 lokasi pasar tumpah yang tersebar mulai dari ujung barat Pulau Jawa yaitu Serang hingga ujung timur (Banyuwangi). Sedangkan beberapa lokasi rawan macet akan terjadi terutama di jalan-jalan nasional yang berpotongan dengan jalan tol, yakni sebelum masuk tol dan setelah keluar tol.

Beberapa upaya yang dilakukan di antaranya:

- menutup jembatan timbang yang dialihfungsikan sebagai tempat area peristirahatan/rest area bagi para pemudik
- menyiapkan jalur-jalur alternatif dan memasang rambu dan marka jalan untuk keselamatan pengguna jalan
- memasang Variable Message Sign (VMS) yaitu berupa monitor informasi elektronik yang dipasang di ruas jalur untuk menginformasikan kondisi terkini arus lalu lintas.


Masukan email untuk update info :

Related Posts

Post a Comment