Nih Dia Penyebab Kemacetan Parah di Arus Mudik 2016

Nih Dia Penyebab Kemacetan Parah di Arus Mudik 2016 – Kemacetan parah yang terjadi pada arus mudik lebaran 2016, tepat di ‘Brexit’ (keluar tol Brebes) tidak hanya membuat pemudik menjadi kesusahan, tapi juga sampai menjadi sorotan media asing. Lalu sebenarnya apa yang menjadi penyebab kemacetan parah tersebut ?.

Kakorlantas Polri Irjen Agung Budi menanggapinya dengan mengatakan kalau banyak faktor yang menyebabkan kemcetan parah di tol Brebes, dari infrastruktur sampai perilaku pemudik.

"Ya itu situasional memang pada satu titik itu terjadi kemacetan tetapi pada titik lain tidak saya bisa buktikan. Kecuali total semua oke. Makanya kemarin kita alihkan ke Nagreg sana tetapi masyarakat dari Subang masuk lagi, sedangkan mereka yang memilih lewat nagreg aman dia. Cuma kena sebentar di limbangan udah sampai di jawa duluan," ujar Kakorlantas Irjen Agung Budi Maryoto.

"Banyak faktor. Pertama infrastruktur itu bukan tol tujuan tol perlintasan kecil tetapi digunakan masyarakat semuanya pingin lewat situ. Sudah kita sekat-sekat sampai Brebes Barat, Pejagan Kanci. Kita punya data dibanding tahun lain pada periode sama lebih banyak 39% dibanding tahun kemarin itu artinya masyarakat memilih lewat situ jadi yang selatan berkurang ini jadi bahan evaluasi kita. Yang kedua saya katakan infrastruktur perbaikan jembatan kalau belum selesai dipaksa selesai kapan. Kemudian palang kereta api tidak bisa diganggu gugat 20 menit berhenti kita ikuti itu," imbuhnya.

Sementara dari perilaku pemudik kata Agung masyarakat terlalu menyepelekan kesiapan perjalanan. Terlebih sebagian masyarakat tidak memahami arahan polisi.

"Masyarakat juga harus belajar dari kemarin kalau diberhentikan polisi harus nurut, saya sendiri mendapat cerita mereka sudah distop polisi dan dialihkan ke selatan, tetapi sebagian dari mereka memaksakan pingin masuk ke ruas tol Cipali dan akhirnya terjebak, sehingga harusnya ada pembelajaran juga untuk kita ini juga pembelajaran untuk menganalisa kemacetan tadi sehingga bisa kita pecahkan kita paksa," bebernya.


Nih Dia Penyebab Kemacetan Parah di Arus Mudik 2016


Hal senada juga disampaikan Dirut Jasa Marga Adityawarman. Adityawarman mengatakan kepadatan terjadi lebih kepada para pemudik yang sudah terlena dengan adanya tol baru tersebut sehingga melupakan adanya jalan Pantura yang lebih lancar. Padahal bila pemudik lebih cermat, mereka bisa keluar melalui Gerbang Tol Pejagan lalu lanjut lewat Pantura untuk mempersingkat waktu perjalanan.

"Kita sepakat saat Lebaran yang melintasi jalan tol lebih dari kapasitasnya. Sekarang tinggal bagaimana manajemen kita dengan adanya kelebihan kapasitas ini bisa kita manage sebaik mungkin," kata Adityawarman seusai rapat dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri BUMN Rini Soemarno memantau arus di Kantor Jasa Marga Gerbang Tol Cikarang Utama, Sabtu (9/7/2016).

"Karena itu ya mungkin terlalu nikmatnya sampai Brexit. Kalau orang yang pandai pasti dia memilih keluar di (Gerbang Tol) Pejagan karena pasti lebih cepat. Tahun depan kalau belum bisa sampai Pekalongan (Tol Transjawa) mungkin kita akan stop. Lalu akan kita keluarkan di (Gerbang Tol) Kanci dan Pejagan," lanjutnya.

Posting Komentar untuk "Nih Dia Penyebab Kemacetan Parah di Arus Mudik 2016"