Cara Mengganti Tiket Kereta Api yang Hilang

Cara Mengganti Tiket Kereta Api yang Hilang – Kejadian yang tidak menyenangkan bisa saja terjadi ketika ingin bepergian menggunakan kereta api, seperti  tertinggal kereta, kondisi kereta yang buruk dan lainnya. Nah kali ini, akan dibahas kejadian yang juga tidak mengenakan ketika memakai jasa kereta api yaitu tiket hilang.

Seperti yang sudah anda ketahui, kini PT KAI menerapkan tiker bording pass. Tiket ini bisa anda dapatkan dengan memasukan kode booking atau kode pembayaran (Baca : Daftar Stasiun Kereta yang Ada Tempat Cetak Tiket Mandiri).

Lalu bagaimana kalau tiket itu hilang,bagaimana cara menggantinya ? Atau bagaimana kalau tiket itu hilang ketika anda berada di atas kereta, sehingga anda tidak menunjukannya ketika ada pemeriksaan tiket oleh Kondektur?.

Ok, kita bahas satu per satu.

Cara Mengganti Tiket Kereta Api yang Hilang


Buat anda yang kehilangan tiket kereta api tapi masih di stasiun, belum berangkat. Anda bisa mengikuti prosedur ini.

1. Penumpang melapor kepada Petugas berwenang di stasiun.
2. Apabila tidak ada Customer Service di stasiun, penumpang bisa diarahkan ke Kepala Stasiun. Penumpang harus dapat menunjukkan bukti identitas asli dan menyerahkan fotokopi bukti identitas.
3. Membuat pernyataan tertulis tentang tiket yang hilang.
4. Menyebutkan kode booking atau kode pembayaran. Apabila tidak ingat, cukup dengan menyebutkan data keberangkatan.
5. Tiket pengganti dapat diterbitkan di stasiun di mana penumpang melapor dan pada saat penumpang yang bersangkutan melaporkan kehilangan tiket.
6. Tiket yang hilang bisa dibatal/tunda.
7.Pelaporan dapat dilakukan di stasiun keberangkatan dan saat hari keberangkatan, paling lambat 2 jam sebelum kereta berangkat.
8. Tidak bisa diwakilkan.


Bagaimana kalau kondisinya seperti ini ? Jika anda tidak menunjukan tiket saat ada pengecekan tiket oleh Kondektur, anda bisa konfirmasi kode booking tiket, jadwal keberangkatan dan melampirkan bukti identitas asli kepada Kondektur untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Jika setelah dilakukan pengecekan oleh Kondektur data anda ternyata tidak tersedia, maka anda akan diturunkan pada kesempatan pertama.

Agar terhindar dari kejadian semacam itu, pastikan anda menyimpan tiket/boarding pass dengan baik dan benar, jika perlu anda bisa foto kode booking di tiket anda.


Masukan email untuk update info :

Related Posts

Post a Comment