Hal yang perlu Diperhatikan Saat Pesan Tiket Kereta untuk Anak

Hal yang perlu Diperhatikan Saat Pesan Tiket Kereta untuk Anak – Masih banyak orang yang belum tahu cara memesan tiket kereta api untuk anak, terutama yang masih balita. PT Kereta Api Indonesia sendiri sebenarnya sudah memiliki aturan tersendiri mengenai pemesanan tiket untuk anak kecil.

Jika anda belum tahu, berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika memesan tiket kereta untuk anak kecil.

Hal yang perlu Diperhatikan Saat Pesan Tiket Kereta untuk Anak


Nomor Identitas

Untuk anak usia dibawah 10 tahun tidak perlu mencantumkan nomer identitas. Usia diatas 10 tahun sampai usia sebelum 17 tahun, maka yang dicantumkan sebagai nomer identitas adalah : Tanggal lahir yang bersangkutan dengan format hhbbtttt

Contoh : misalkan tanggal lahirnya 17 Agustus 2011 maka nomor identitasnya 17082011.

Note : ini untuk tiket anak dengan tempat duduk.


Tiket tanpa tempat duduk

Untuk anak berusia dibawah tiga tahun, diperbolehkan memesan tanpa tempat duduk. Pemesanan dilakukan di hari keberangkatan di loket (minimal 2 jam sebelum keberangkatan), dengan menunjukkan akte kelahiran asli dan tiket penumpang dewasa yang mendampingi. Jika umurnya 3 tahun dan keatas, maka wajib membeli tiket seharga orang dewasa.


Stroller / Kereta Bayi

Kereta bayi bisa dibawa ke dalam rangkaian KA tanpa dikenakan biaya tambahan.


Jika bawa dua anak dibawah tiga tahun

Untuk orang tua yang membawa dua anak berumur di bawah 3 tahun, contoh yang satu berumur 2 tahun dan satu lagi berumur 1 tahun, maka salah satunya harus tetap membayar tiket tersebut sama dengan orang dewasa.


Salah format identitas

Jika ada kesalahan dalam menulis format identitas (untuk usia dibawah 17 tahun/non KTP), maka hal tersebut tidak masalah selama penulisan identitas untuk orang dewasanya (yang pergi bersamanya) benar.


Fotokopi Akte kelahiran

Buat anda yang memesan tiket anak dengan usia dibawah tiga tahun secara online (tanpa tempat duduk), sebaiknya bawa fotokopi akte kelahiran. Ini digunakan saat pengecekan boarding pass.


Masukan email untuk update info :

Related Posts

1 comment

  1. Gimana kalo anak usia 3thn blm punya akta dan KK belum jadi ,(tdk ada identitas)
    Apakah bisa naik kereta yaa?

    ReplyDelete

Post a Comment