-->

Inilah Konsep dan Himbauan Pemerintah untuk Mudik Lebaran 2017

Inilah Konsep dan Himbauan Pemerintah untuk Mudik Lebaran 2017 – Pemerintah melalui Kementrian Perhubungan mulai membahas tentang arus mudik lebaran 2017. Ini dilakukan agar pelaksanaan mudik tahun ini bisa lebih baik dari tahun lalu.

Ada beberapa konsep dan terobosan baru yang akan dilakukan pemerintah untuk mudik nanti. Hal tersebut disampaikan oleh Plt Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono.

"Lebaran besok konsepnya ini berubah, banyak terobosan, sehingga banyak orang pulang lebaran bisa berlangsung nyaman," kata Plt Gubernur Jakarta, 'Soni' Sumarsono.

Salah satu terobosan yang tengah disiapkan, antara lain dengan rencana penerapan sistem ganjil genap di jalan tol. Sehingga kemacetan hebat seperti di Brebes exit (Brexit) seperti tahun lalu bisa dicegah.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku pihaknya tengah mengkaji sistem ganjil-genap di jalan tol.

Budi enggan menjelaskan lebih rinci mengenai wacana tersebut. Dia hanya menyebut kebijakan tersebut akan cukup efektif jika diterapkan karena kendaraan dengan nomor polisi ganjil hanya bisa lewat pada tanggal ganjil dan kendaraan nomor polisi genap hanya bisa lewat tol pada tanggal genap.

Namun, mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu mengaku khawatir jika aturan tersebut akan melanggar hak masyarakat yang melakukan mudik.

"Itu yang sedang kami pikirkan. Kalau kita jadi masyarakat yang mudik, bisa berpikir enak saja kalau pas ganjil. Tapi saat (nomor polisi kendaraan) genap tidak boleh, mesti tunda satu hari. Kita sedang pikirkan hal seperti itu," ungkapnya.

Selain ganjil genap, pemerintah juga berencana meningkatkan kapasitas dari angkutan bersubsidi baik penumpang maupun motor.

Budi mengatakan, untuk bisa menyediakan fasilitas transportasi publik Kemenhub akan menambah kapasitas pada jenis-jenis transportasi publik yang ada. Ketersediaan transportsi publik ini nantinya bisa digunakan oleh masyarakat.

"Kalau sekarang ini kita akan intensifkan di kereta api, bus, dan di kapal-kapal roro. Kapal kita akan buat Jakarta-Semarang dan Jakarta-Banjar. Maksudnya selain mengurangi kemacetan, juga mengurangi kemungkinan angka kecelakaan," ujar Budi.


Inilah Konsep dan Himbauan Pemerintah untuk Mudik Lebaran 2017


Menambah konsep mudik 2017, Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa menghimbau agar masyarakat juga ikut membantu kelancaran arus mudik tahun ini.  

"Pengalaman tahun lalu memang, jangan mencari jalan yang baru atau mencari jalan sendiri. Tapi ikuti jalan-jalan yang sudah diatur oleh pemerintah, oleh kita," kata Royke.

Royke mengatakan, warga tidak perlu ragu dengan jalur yang ditunjukkan petugas di lokasi. Tidak mungkin petugas menjerumuskan. Sejak awal pasti sudah diberi tanda atau arahan jalan terbaik, terutama di Pantura dan selatan.


Masukan email untuk update info :

Related Posts

Post a Comment