Inilah Bandara yang Tambah Jam Operasional Saat Mudik Lebaran 2017

Inilah Bandara yang Tambah Jam Operasional Saat Mudik Lebaran 2017 – Untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat pada musim mudik nanti, pemerintah melalui Kementrian Perhubungan akan menmba jam operasional di beberapa bandara.

Ada tiga bandara yang akan ditambah jam operasionalnya, yaitu Yogyakarta, Solo dan Semarang.

"Saya lihat tadi Yogyakarta mempunyai tambahan 54 'slot' karena penambahan jam operasional bandara yaitu satu jam 'slot' pagi hari yang tadinya pukul 06.00 menjadi pukul 05.00 dan tiga jam slot malam hari dari pukul 21.00 sampai pukul 24.00," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Selain itu, pada saat lebaran slot yang dipakai untuk kegiatan militer (angkatan udara) kosong. Lebih lanjut, Budi menjelaskan penambahan jam operasional serta slot tersebut bertujuan untuk mengurangi kepadatan angkutan lebaran di Jakarta.

"Kita tahu Jawa Tengah terutama Yogyakarta, Solo dan Semarang merupakan daerah tujuan utama untuk mudik. Saya coba mengkaji Yogyakarta sebagai titik mudik saudara kita dari Jakarta, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan. Kalau ada pergerakan-pergerakan dari Sumatera, Kalimantan yang selama ini harus ke Jakarta dahulu, bisa langsung diarahkan kesini (Yogyakarta) jadi Jakarta tidak penuh," ujarnya.


Inilah Bandara yang Tambah Jam Operasional Saat Mudik Lebaran 2017


Selain itu untuk menunjang konektivitas, terdapat beberapa pilihan moda transportasi lanjutan di Bandara Adisutjipto yaitu kereta api Prameks yang dengan tujuan Yogyakarta-Kutoarjo maupun Klaten-Solobalapan.

Jalur darat dengan bus TransJogja untuk wilayah kota Yogyakarta serta bus Damri dari Bandara Adisutjipto ke Magelang, Purworejo dan Kebumen, taksi maupun sewa kendaraan.

Budi menambahkan terdapat pilihan moda transportasi selain angkutan udara yaitu kapal ro-ro yang menghubungkan Panjang-Jakarta, Jakarta-Semarang-Surabaya-Padangbai sampai dengan Lombok.

"Kapal ro-ro merupakan moda angkutan yang kita harapkan dapat menjadi substitusi bagi mereka yang mau ke daerah Semarang atau Surabaya dengan naik motor atau mobil, atau truk yang akan mengangkut komoditas," katanya.

Posting Komentar untuk "Inilah Bandara yang Tambah Jam Operasional Saat Mudik Lebaran 2017"