Cara Mengganti E-KTP yang Hilang

Cara Mengganti E-KTP yang Hilang – Kartu Tanda Penduduk (KTP) sangat diperlukan saat memesan tiket, terutama tiket kereta api. Jika hilang atau rusak, anda harus segera mengurusnya agat perjalanan anda tidak terhambat.

Memang, PT KAI memberikan alternatif jika anda punya masalah dengan e-KTP (Baca : Inilah Pengganti KTP Saat Boarding di Stasiun Kereta Api Jika Hilang atau Rusak ). Namun demikian, sebaiknya lakukan penggantian KTP anda yang hilang.

Berikut ini langkah prosedur mengganti e-ktp yang hilang.




1. Pergilah ke kantor kepolisian terdekat untuk meminta surat keterangan kehilangan.

2. Setelah itu dengan membawa surat kehilangan kepada RT dan RW untuk meminta pengantar ke kelurahan.

3. Dengan membawa pengantar dari RT dan RW datangilah kelurahan dengan membawa, foto copy eKTP 1 buah jika ada, pas foto  4 x 6 (merah jika lahir di tahun ganjil dan biru jika lahir pada tahun genap) untuk ditempel ke formulir pendaftaran KTP, Surat Pengantar sebagai warga (surat domisili) dari Ketua RT, 2 lembar fotokopi Kartu Keluarga (KK).

4. Jika sudah mendapat stempel dari kelurahan berarti berkas kamu sudah lengkap kemudian pergi ke kantor kecamatan.

5. Serahkan berkas di bagian pengurusan  KTP kecamatan, eKTP yang hilang dibuatkan KTP dengan format lama atau bukan ktp elektronik.

6. Waktu kerja proses e-KTP/KTP baru bervariasi, umumnya 7 sampai 14 hari kerja. Informasi waktu tertera di bukti tanda terima dari kecamatan atau kantor suku dinas kependudukan.

7. Pengambilan e-KTP tidak bisa diwakilkan. Bagi Anda yang telah memiliki e-KTP, diperlukan verifikasi data sidik jari dari database kependudukan. Namun, jika KTP masih versi lama, non elektronik, maka diperlukan proses perekaman data sekitar 10-15 menit. Data meliputi pengambilan foto secara digital, tanda tangan pada alat perekam elektronik, perekaman data sidik jari tangan (sidik jempol tangan kanan dan kiri, jari telunjuk kanan dan kiri), lalu proses scan retina (iris) mata.


Masukan email untuk update info :

Related Posts

Post a Comment