-->

Ini yang Dilakukan Kemenhub untuk Menghadapi Mudik 2018

Ini yang Dilakukan Kemenhub untuk Menghadapi Mudik 2018 – Agar mudik 2018 berjalan lancar, Kementrian Perhubungan telah menyiapkan beberapa strategi untuk menghadapi mudik mudik 2018.

Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan mengatakan kalau pihaknya sudah melakukan komunikasi secara informal dengan beberapa instansi yang terkait seperti Kementerian PU, Polri, dan lainnya untuk membahas persiapan mudik.

Seperti diketahui, transportasi favorit yang digunakan saat mudik di 2018 ini adalah pesawat dan kereta api.

Berikut daftar konsep yang dipaparkan Kemenhub untuk menghadapi mudik 2018.


Ini yang Dilakukan Kemenhub untuk Menghadapi Mudik 2018


1. Kementerian Perhubungan akan menginstruksikan seluruh pengelola untuk mengoperasikan bandara sampai pukul 24.00 termasuk di daerah. Hal itu dilakukan agar rotasi pesawat yang kembali ke Jakarta bisa lebih leluasa. "Jadi Jakarta itu prioritas karena pergerakan banyak yang dari Jakarta," ujarnya.

2. Maskapai diharuskan menggunakan pesawat widebody (berukuran besar) untuk penerbangan ke daerah tertentu seperti Surabaya, Bali, dan Medan.‎ "Kita akan efisienkan jumlah pergerakan yang ada sehingga transportasi udara bisa tertangani dengan baik," kata dia.

3. Kementerian Perhubungan sudah melakukan koordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia untuk memberikan tambahan kapasitas penumpang sebanyak 4-5 persen. "Tapi memang Kereta Api biasanya penuh sehingga sisanya kita persiapkan di dua sarana yaitu darat dan laut," ujar Budi. Berdasarkan pengamatan Kementerian Perhubungan, dia mengatakan, lonjakan signifikan‎ biasnaya terjadi di transportasi darat. Dengan demikian, dibutuhkan persiapan matang untuk memantau pergerakan pemudik terutama dari Jabodetabek ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

4. Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara untuk melakukan manajemen waktu. Seperti diketahui, libur bersama sudah ditetapkan dua hari jelang Lebaran sampai dua hari setelah Lebaran. Dengan demikian, ada waktu tujuh hari yang membuat tekanan mudik tidak fokus pada H-1 menjelang Lebaran.‎ "Kita juga ingin berkoordinasi agar membuat liburan anak sekolah bisa dua sampai tiga hari lebih awal sehingga saudara kita ya‎ng mau mudik tidak hanya H-1 tapi bisa sejak H-7 sampai H-8. Jadi kita berikan relaksasi," ucap Budi.

5. Untuk membantu mengurai pergerakan di darat, Kementerian Perhubungan menyiapkan mudik gratis ‎menggunakan 20 kapal perintis. Mudik gratis kapal laut ini akan dioperasikan dari Jakarta ke Semarang. "Jadi mudik gratis di laut sekitar 20.000 sampai 30.000 orang," ujar dia.

6. Menyediakan jasa angkut sepeda motor gratis. Hal itu dilakukan untuk meminimalisasi pemudik menggunakan sepeda motor. Angkutan roda dua itu dianggap paling rawan mengalami kecelakaan saat mudik. Meskipun demikian, jatah pengangkutan sepeda motor gratis yang diangkut kereta api saat ini ‎sudah habis. Kementerian Perhubungan meminta PT KAI untuk menambah jatah 5.000 sepeda motor lagi.


Masukan email untuk update info :

Related Posts

Post a Comment