Apa Sih Itu Face Recognition Boarding Gate Kereta? Ini Penjelasannya

Hal Penting Soal Face Recognition Boarding Kereta Api - PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah memperkenalkan inovasi layanan baru, yang disebut Face Recognition Boarding Gate. Layanan ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman transportasi kereta api bagi masyarakat.

Lalu apa itu Face Recognition Boarding Gate ? Simak pembahasannya lebih lanjut di bawah ini.

 

Face Recognition Boarding Gate Kereta

Pengertian Face Recognition Boarding Gate

Face Recognition Boarding Gate yang diterapkan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero), adalah fasilitas layanan naik kereta yang dilengkapi dengan kamera yang dapat mengidentifikasi dan memvalidasi identitas calon penumpang melalui teknologi pengenalan wajah.

Sistem ini terhubung dengan data penumpang, termasuk informasi tiket dan status vaksinasi.

Dengan adanya Face Recognition Boarding Gate, calon penumpang tidak perlu lagi menunjukkan kartu identitas atau mencetak tiket kereta. Calon penumpang hanya perlu mendekati mesin pemindai dan menempatkan wajah mereka di depan kamera.

Jika identitas wajah cocok dengan data dan tiket pembelian, gerbang secara otomatis akan terbuka dan memberikan akses ke peron.

 

Cara mendaftar Face Recognition Boarding kereta

Untuk menggunakan fasilitas Face Recognition Boarding yang ditawarkan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero), pengguna hanya perlu mendaftar sekali. Ada dua cara sederhana untuk mendaftar Face Recognition Boardingyang bisa anda pilih.

1. Pendaftaran di loket

Calon penumpang dapat mengunjungi loket pendaftaran yang ditunjuk di stasiun kereta api atau Check In Counter (CIC). Selama pendaftaran, pengguna perlu menunjukkan e-KTP (kartu identitas elektronik). Personel yang berwenang akan mengumpulkan informasi identitas yang diperlukan dan melakukan pemindaian sidik jari sambil memandu pengguna melalui proses pendaftaran.

Penting untuk dicatat bahwa proses pendaftaran tidak dapat diwakilkan kepada orang lain. Namun, individu tanpa e-KTP, seperti anak-anak atau mereka yang memiliki e-KTP rusak, masih dapat mendaftar dengan bantuan staf.

Setelah terdaftar, pengguna dapat menggunakan Face Recognition Boarding Gate tanpa perlu mendaftar ulang saat perjalanan berikutnya.

 

2. Pendaftaran melalui Vending Machine:

Alternatif lain, bisa langsung melalui vending machine yang tersedia di stasiun. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menyelesaikan proses pendaftaran melalui vending machine:

-  Mendekati vending machine yang ditunjuk.

-  Pilih menu "Pendaftaran Penumpang".

-  Klik opsi "Pendaftaran".

-  Arahkan e-KTP Anda ke reader

-  Mesin akan memproses pembacaan dan pencatatan data Anda.

-Tempatkan jari telunjuk kanan Anda di pemindai sidik jari yang terpasang pada pembaca e-KTP dan tunggu beberapa detik.

Setelah proses pendaftaran selesai, calon penumpang kereta dapat segera menikmati kemudahan saat boarding di stasiun. Disarankan untuk melepas masker dan kacamata untuk memastikan proses pengenalan wajah berjalan lancar.

 

3. Pendaftaran melalui aplikasi KAI Access

Berikut cara registrasi Face Recognition di Access by KAI:

- Buka aplikasi Access by KAI

- Klik Profil

- Lalu pilih Registrasi Face Recognition

- Ambil Foto   

- Kemudian Ambil Foto Selfie

- Registrasi Berhasil

 

Stasiun mana saja yang menyediakan fasiltas Face Recognition BoardingGate ?

Layanan Face Recognition Boarding Gate saat ini tersedia di Stasiun Gambir, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Malang, dan Stasiun Solo Balapan.

 

Proses pengenalan wajah hanya memakan waktu kurang dari satu detik, meminimalkan antrian dan memastikan pengalaman naik kereta menjadi lebih baik.

Mengenai keamanan data, PT KAI menyadari hal tersebut sangat penting dan dengan manajemen keamanan informasi yang dimilikinya, PT KAI yakin semua informasi calon penumpang yang sudah mendaftar layanan Face Recognition Boarding Gate akan aman.

Selain itu, PT KAI juga akan melakukan peningkatan keamanan data secara rutin.

Posting Komentar untuk "Apa Sih Itu Face Recognition Boarding Gate Kereta? Ini Penjelasannya"