-->

Cara Merubah Jadwal Keberangkatan Tiket Kereta Api yang Sudah Dipesan

Cara Merubah Jadwal Keberangkatan Tiket Kereta Api yang Sudah Dipesan – Ada banyak cara untuk memesan tiket kereta api, anda bisa lakukan secara online (Baca : Cara Menukar Tiket Kereta Api yang Dipesan via Online) atau langsung ke stasiun jika ingin mendapat tiket GO SHOW.

Tapi bagaimana jika ternyata jadwal yang ada di tiket salah atau karena alasan tertentu anda ingin merubah jadwal keberangkatan kereta api di tiket. Bagaimana caranya ?

Berikut cara merubah jadwal keberangkatan tiket kereta api.

Cara Merubah Jadwal Keberangkatan Tiket Kereta Api yang Sudah Dipesan


Siapkan Tiket Fisik yang Asli

Langkap pertama adalah anda harus siapkan tiket kereta api fisik yang asli. Jika anda membeli tiket secara online sebaiknya kode booking/kode pembayaran yang ada di struk/e-mail dicetak menjadi tiket kereta asli. Ini bisa dilakukan dengan mesin CTM (Cetak Tiket Mandiri) (Baca : Cara Menggunakan Mesin CTM Kereta Api)

Jika tidak ada akses mesin CTM, anda bisa datangi loket penjualan tiket KA jarak jauh dan tunjukkan kode bookingnya disertai dengan fotokopi KTP. Di beberapa stasiun ada yang meminta fotokopi KTP untuk melakukan pencetakan tiket, untuk jaga-jaga siapkan ini.


Siapakan jadwal pengganti dan jenis keretanya

Hal kedua yang harus anda perhatikan ketika ingin mengganti jadwal keberangkatan kereta adalah jadwal pengganti dan jenis kereta apinya. Cek terlebih dahulu jadwal tiket pengganti apakah masih ada sisa seatnya (Baca : Cara Cek Kursi Kereta Api yang Masih Kosong) Jika ada, pengubahan tiket bisa dilakukan.


Siapkan uang lebih

Ini mengacu pada peraturan KAI mengenai perubahan jedwal keberangkatan tiket kereta api, dimana erubahan jadwal tiket akan dikenakan biaya 25% dari harga tiket. Jadi apabila tiket lama anda kelas ekonomi dengan harga 100rb dan diganti dengan jadwal yang baru dengan harga yang sama, maka anda cukup menambahkan uang 25rb. Namun jika tiket yang baru menggunakan kelas ekonomi AC dengan harga 200rb, maka Anda harus menambahkan uang senilai 125rb.


Isi formulir Pemesanan Tiket KA

Isi formulir pemesanan tiket kereta. Isi dengan nama dan nomor KTP yang sesuai dengan tiket KA lama anda, lalu untuk keberangkatannya ditulis jadwal yang baru. Formulir ini biasanya disediakan di meja pemesanan. Apabila tidak ada, mintalah pada petugas atau datangi Customer Service on Station


Lakukan transaksi perubahan jadwal di loket stasiun tertentu (biasanya stasiun-stasiun besar)

Keempat, formulir pemesanan tiket yang sudah disi dan tiket KA asli yang lama diserahkan ke loket penjualan tiket dan mintalah pada petugas loket untuk melakukan reschedule keberangkatan. Ingat, tidak semua stasiun menerima perubahan jadwal,

Untuk syarat dan ketentuan yang lebih lengkap mengenai perubahan jadwal keberangkatan tiket kereta api, anda bisa lihat di sini (Baca : Syarat dan Ketentuan Reservasi Tiket Kereta Api Secara Online)


Masukan email untuk update info :

Related Posts

Post a Comment