-->

Pemkab Wonogiri Gelar Mudik Gratis untuk Pertama Kali

Pemkab Wonogiri Gelar Mudik Gratis untuk Pertama Kali – Pemkab Wonogiri untuk pertama kalinya akan menggelar mudik gratis. Program mudik gratis 2017 dari Pemkab Wonogiri ini khusus diberikan kepada warga Wonogiri yang merantau di daerah lain, khususnya Jakarta.

Tercatat ada lebih dari 20% dari 1 juta penduduk Kabupaten Wonogiri yang menjadi kaum boro. Mereka selalu beramai ramai mudik ketika menjelang Idul Fitri.

Persoalannya, tandas Bupati, ternyata tidak semua kaum boro asal Kabupaten Wonogiri, menemukan sukses di perantauan. ”Memang sebagian ada yang sukses, tapi ada pula yang bernasib tidak sukses,” ujarnya.

Oleh karena itu, Pemkab Wonogiri peduli untuk membantu menyediakan angkutan bus gratis saat menjelang Lebaran Idul Fitri nanti. Tujuannya, agar para perantau utamanya yang belum sukses, dapat terbantu mudik untuk berlebaran bersama sanak keluarganya di kampung halamannya.


Pemkab Wonogiri Gelar Mudik Gratis untuk Pertama Kali


Sebanyak 40 unit bus yang disiapkan Pemkab Wonogiri untuk mengangkut para perantau di Jakarta dan sekitarnya.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri, Ismiyanto, saat ini paket proyek sewa bus sudah dimasukkan ke Unit Layanan Pengadaan (ULP) untuk dilelang. Dishub tinggal menunggu hasil lelang.

Anggaran proyek dari APBD senilai Rp750 juta. Dana tersebut mencakup semua keperluan, seperti sewa bus, biaya perjalanan petugas berkoordinasi dengan paguyuban perantau di perantauan, konsumsi, dan sebagainya.

Dia memerinci 40 unit bus yang bakal disewa untuk dua program, yakni dua unit untuk mudik gratis program Pemprov Jateng dan 38 unit lainnya alokasi program daerah. Khusus program daerah, mudik gratis diperuntukkan perantau asal Wonogiri di Jakarta dan sekitarnya.

Sedangkan program provinsi untuk perantau asal berbagai daerah. “Jumlah yang akan kami sediakan meningkat sangat signifikan dibanding tahun lalu. Sebelumnya kami hanya menyiapkan dua unit bus. Untuk sementara program ini untuk mudik saja. Tapi tergantung Bapak Bupati. Kalau beliau menghendaki sampai arus balik ke perantauan, kami akan menganggarkan juga,” kata Ismiyanto.

Untuk teknis pelayanannya, tandas Ismiyanto, akan dikoordinasikan dengan para tokoh masyarakat Wonogiri yang ada di Jakarta. Pendaftaran mudik gratis, dapat dilayani perwakilan kaum boro Wonogiri yang berposisi di Jakarta.


Masukan email untuk update info :

Related Posts

1 comment

  1. Pagi,Mudik gratis ke wonogiri lebaran 2018 sudah buka belum ya,dan cara daftarnya gmana?

    ReplyDelete

Post a Comment