-->

Cara Tepat Menukar Uang Sebelum Liburan ke Luar Negeri

Cara Tepat Menukar Uang Sebelum Liburan ke Luar Negeri - Liburan merupakan waktu yang tepat untuk melepas penat sejenak dari rutinitas yang dijalani. Pilihan bepergian ke luar negeri jamak dijalani bagi mereka yang memiliki uang lebih.

Demi memberikan rasa nyaman dalam bepergian, ada baiknya untuk mempersiapkan dana yang akan digunakan ke negara tujuan. Menukarkan mata uang Rupiah perlu dilakukan hati-hati agar selisih nilai tukar mata uang tidak begitu besar. 


Berikut ini tips untuk menukarkan mata uang Rupiah agar terhindar dari kerugian.


Cara Tepat Menukar Uang Sebelum Liburan Ke Luar Negeri

                                                                

Cara Menukar Uang Sebelum Liburan Ke Luar Negeri


Memastikan Jumlah Uang Yang dibawa

Membawa uang untuk bepergian keluar negeri disarankan secukupnya. Pastikan untuk menghitung nominal yang diperlukan dengan cermat meliputi biaya akomodasi, penginapan, konsumsi, belanja, dan biaya tak terduga.

Pastikan nominal tersebut mencukupi untuk kebutuhan selama liburan karena tentu akan mempermudah perjalanan sehingga memberi rasa aman dan nyaman.


Memilih Tempat Penukaran Mata Uang Dengan Tepat

Memilih Money Changer merupakan hal yang direkomendasikan karena memberikan nilai tukar paling tinggi  dibanding tempat penukaran lainnya. Hindari penukaran mata uang di bank atau bandara karena nilai tukarnya sangat rendah. Mencari beberapa Money Changer untuk mendapatkan nilai tukar mata uang terbaik sangat dianjurkan.


Hati-Hati Dengan Waktu Penukaran

Hindari melakukan penukaran mata uang secara terburu-buru, terlebih bila telah berada di bandara. Sebab nilai tukarnya jauh lebih rendah daripada tempat penukaran lainnya sehingga dapat menyebabkan kehilangan banyak uang dari pertukaran tersebut.

Mencari waktu dimana kurs mata uang masih stabil merupakan hal terbaik. Awal bulan merupakan saat yang tepat untuk melakukan pertukaran karena masih sangat stabil. Hendaknya tidak melakukannya saat menjelang liburan karena pasti nilai kurs mata uang asing akan meningkat.


Mengerti Selisih Nilai Tukar

Pada beberapa mata uang, selisih nilai tukar terhadap Rupiah cukup tinggi. Baht pada negara Thailand, Euro pada negara-negara Eropa menjadi contoh dalam hal ini. Perlu pertimbangan yang matang agar tidak mengalami kerugian terutama jika menukarkan uang dalam jumlah yang cukup banyak.

Pilihan yang ditawarkan adalah dengan menukarkannya terlebih dahulu menjadi Dollar kemudian menukarkannya kembali ke Euro atau mata uang lainnya yang memiliki selisih nilai tukar tinggi.


Tukar Kembali Ke Rupiah

Pilihan ini direkomendasikan jika masih memiliki dana sisa dan jarang bepergian keluar negeri. Namun, waktu yang tepat untuk menukarkan kembali ke dalam rupiah adalah disaat masih di luar negeri. Karena pada beberapa negara menawarkan nilai tukar lebih tinggi dan menguntungkan. 


Masukan email untuk update info :

Related Posts

Post a Comment