Inilah Arti Kode Huruf Pada Boarding Pass

Inilah Arti Kode Huruf Pada Boarding Pass - Boarding pass merupakan dokumen penting untuk menaiki pesawat yang diberikan pihak maskapai penerbangan kepada penumpang setelah melakukan konfirmasi keberangkatan (check in). Boarding pass  dapat dicetak sendiri bila anda melakukan check in secara online.

Sebagian besar penumpang mungkin hanya melihat nomor kursi, nomor penerbangan, dan jam keberangkatan pesawat, tanpa memperhatikan barcode di sisi sebelah tiket, huruf, atau angka lain yang tertera di lembaran tersebut.


Tapi, tahukah Anda bahwa seluruh angka dan huruf yang tercantum dalam boarding pass mempunyai makna tersembunyi?

Berikut ini akan diuraikan makna dari huruf-huruf tersebut.

Inilah Arti Kode Huruf Pada Boarding Pass


Kode huruf B, H, M atau Y

Makna dari kode huruf ini adalah penumpang akan mendapatkan pelayanan kelas ekonomi.


Kode huruf Q

Huruf Q juga menandakan bahwa penumpang berada di kelas ekonomi. Bedanya, penumpang ini membeli tiket setelah mendapat pemotongan harga. Namun tidak akan mendapatkan ekstra pelayanan seperti makanan dan minuman.

Hal serupa juga berlaku untuk K, L, N, M, S, T, U, V, W, dan X. Penumpang dengan kode tersebut dapat memilih kursi di bagian belakang atau ekor pesawat.


Kode huruf E

Pertanda bahwa penumpang berada di kelas ekonomi premium sehingga berhak mendapatkan makanan dan minuman gratis.


Kode huruf A, F atau P

Maknanya bahwa pemilik tiket berada di kelas satu dan berhak mendapatkan pelayanan terbaik atau kelas pertama oleh maskapai.


Kode huruf C, J, I, dan D

Pertanda bahwa penumpang tersebut adalah pelanggan setia maskapai yang selalu memesan tiket untuk kelas bisnis.


Kode huruf dan angka

Jika anda melihat gabungan kode huruf dan angka pada boarding pass, itu menandakan nomor penerbangan anda. Contoh BA2690, artinya anda akan mengunakan maskapai British Airways dengan rute penerbangannya.

Pada umumnya 2 huruf didepan merupakan kode maskapai yang digunakan. Contohnya "AA" (American Airlines), "AF" (Air France), "LH" (Lufthansa) dan "AR" (Aerolineas Argentinas).

Namun ada juga yang kurang jelas, seperti "QF" (Qantas) dan "VS" (Virgin Atlantic), bahkan ada yang tidak masuk akal, seperti "WB" (Rwandair), "FR" (Ryanair), "SU" (Aeroflot), "AY" (Finnair) dan "U2"


Kode huruf SSSS

Secondary Security Screening Selection adalah tanda bahwa penumpang tersebut mendapatkan pengawasan selama berada di pesawat dan utamanya di negara destinasi.

Namun, bukan berarti mereka terlibat tindak kriminal karena huruf SSSS yang melekat pada boarding pass dapat dikenakan pada penumpang yang check in di akhir waktu, membeli tiket secara cash di bandara, atau yang akan bepergian ke daerah rawan konflik atau beresiko tinggi.

Khusus bagi penumpang yang bepergian ke Amerika Serikat, kode huruf ini menjadi semacam pertanda kesialan. Karena mereka akan mendapatkan kecurigaan tingkat tinggi dari petugas bandara atau Transportation Security Administration (TSA). Sehingga pemeriksaan terhadap si pemilik tiket akan mendetil dan berdurasi agak lama.



Masukan email untuk update info :

Related Posts

Post a Comment