Mau Naik Kereta Jarak Jauh Saat Covid-19 ? Ini Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Mau Naik Kereta Jarak Jauh Saat Covid-19 ? Ini Hal Penting yang Harus Diperhatikan – Pada tanggal 12 Juni 2020 lalu, PT KAI telah membuka lembali layanan kereta Reguler dan kereta jarak jauh, tentunya dengan aturan dan persyaratan baru yang harus dipatuhi oleh penumpang

 

Khusus kereta jarak jauh, PT KAI menyebutnya dengan dengan Kereta Api Luar Biasa (KLB).

 

Menurut VP Public Relations KAI Joni Martinus, prosedur ini disusun demi memutus dan mencegah penyebaran Covid-19 di sejumlah daerah melalui perjalanan kereta api.

 

Buat anda yang ingin menggunakan Kereta Api Luar Biasa, sebaiknya perhatikan beberapa hal penting berikut, agar perjalanan anda bisa lancar sampai tujuan.

 

Syarat Menggunakan Kereta Api Luar Biasa

 

Ada beberapa hal yang harus disiapkan calon penumpang yang ingin menggunakan kereta api jarak jauh, yaitu antara lain

 

Dokumen bebas Covid-19

 

Untuk bisa menggunakan fasilitas Kereta Luar Biasa, calon penumpang harus menyiapkan dokumen hasil PCR Test atau Rapid Test yang negatif dan masih berlaku.

  

Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) DKI Jakarta

 

Khsusus buat anda yang ingin bepergian dari dan menuju DKI Jakarta,  diharuskan memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) DKI Jakarta.

  

Dalam Keadaan sehat

 

Selain harus memiliki dokumen diatas, calon penumpang harus dalam keadaan sehat, yaitu tidak demam, tidak batuk dan tidak flu. Sebelum keberangkatan, petugas stasiun akan memeriksa suhu tubuh anda.

 

Jika tidak lebih dari 37,3 derajat celcius, anda akan diperbolehkan melanjutkan perjalanan. Namun jika melebihi yang sudah ditentukan, anda akan dilarang menggunakan KLB.

 

hal penting saat menggunakan kereta luar biasa

Selain persyaratan diatas, ada hal penting lainnya yang harus anda perhatikan sebelum menggunakan Kereta Api Luar Biasa, yaitu antara lain.

 

Penjualan tiket mulai H-7 dan tidak bisa diwakilkan

 

Pemesanan tiket KLB dapat dilakukan secara online mulai H-7 keberangkatan KA. Untuk pemesanan langsung di stasiun, bisa dilakukan mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA dan tidak dapat diwakilkan.

  

Datang lebih awal

 

Pastikan anda tiba di stasiun keberangkatan lebih awal. Hal ini dikarenakan adanya pemeriksaan tambahan dan verifikasi berkas sebelum diizinkan masuk ke area peron stasiun.

  

Jadwal operasional KLB

 

Dalam hal operasional KLB, KAI masih tetap mengoperasikan 6 perjalanan KLB yang melayani 3 rute yaitu Gambir – Surabaya Pasarturi Lintas Selatan pp, Gambir – Surabaya Pasarturi Lintas Utara pp, dan Bandung – Surabaya Pasar Turi pp.

 

Perjalanan KLB dari arah Surabaya hanya akan beroperasi setiap tanggal ganjil, dan KLB dari arah Jakarta dan Bandung akan beroperasi setiap tanggal genap.

 

 Face Shield dan masker

 

PT KAI akan menyediakan face shield untuk penumpang KA Jarak Jauh, sedangkan masker dibawa oleh penumpang sendiri.

 

Bagi penumpang yang membawa anak berusia di bawah 3 tahun, maka wajib menyiapkan face shield pribadi. Face shield tersebut harus dikenakan selama dalam perjalanan dan tetap dipakai saat tiba di stasiun tujuan.

  

Pengaturan tempat duduk

 

Penumpang KLB yang berusia diatas 50 tahun, petugas akan mengatur ulang posisi tempat duduknya di dalam kereta jika diperlukan. Hal ini untuk meminimalisir penularan, sebab lansia lebih rentan terpapar Covid-19.

 

Demikan hal hal yang harus anda perhatikan jika tetap ingin bepergian menggunakan kereta api. PT KAI berharap calon penumpang bisa bekerja sama dan mematuhi segala aturan yang ditetapkan PT KAI.



Masukan email untuk update info :

Newest Older

Related Posts

Post a Comment