-->

Mau Traveling Aman dari Covid-19 ? Ini Tipsnya

Kumpulan Tips Traveling Aman Selama Pandemi Covid-19 – Banyak hal yang harus disiapkan sebelum memutuskan untuk traveling atau berlibur, terlebih sekarang kondisi pandemi Covid-19.

 

Anda harus tetap memperhatikan dan menjalankan protokol kesehatan yang sudah ditentukan, demi mencegah penyebaran Covid-19.

 

Terutama jika anda berlibur menggunakan moda transportasi umum, seperti kereta api, pesawat atau bus. Dimana potensi penularan Covid-19 lebih besar.

 

Lalu apa yang harus anda siapkan ? Berikut deretan tips yang bisa anda pakai agar aman dari Covid-19.

 

Tips Traveling Aman Selama Pandemi Covid-19

Tips Traveling Aman Selama Pandemi Covid-19

 

Destinasi yang tepat

 

Sebelum memutuskan tujuan liburan, sebaiknya anda lakukan riset kecil terlebih dahulu. Sebab selama pandemi Covid-19 ini tidak semua destinasi liburan menerima wisatawan. Selain itu, anda juga harus cek jumlah kasus positif di destinasi tersebut. Jika jumlahnya tinggi, lebih baik ganti destinasi liburan anda.

 

 

Teliti sebelum pesan hotel

 

Jika anda terpaksa harus menginap, pastikan hotel atau tempat penginapan anda sudah menjalan protokol kesehatan yang sudah ditentukan. Anda bisa cek di situs resminya atau telpon langsung, guna mencari informasi upaya pihak penginapan untuk mencegah penularan Covid-19.

 

 

Buat jadwal yang tepat

 

Jadwal disini bukan hanya untuk pergi dan pulang, tetapi jadwal kegiatan anda selama di tempat liburan. Hal ini untuk menghindari kerumunan massa.

 

 

Hindari bepergian secara berkelompok

 

Liburan tentu akan lebih asik jika pergi dengan banyak orang, namun untuk saat ini sebaiknya anda hindari hal tersebut. Jika anda tidak bisa bepergian sendiri, anda bisa ajak 1 orang dewasa untuk menemani anda.

 

Jangan ikut sertakan lansia atau balita, sebab dua kelompok ini termasuk orang yang rentan terpapar Covid-19.

 

 

Siapkan P3K khusus Covid-19

 

Meskipun harus repot anda perlu siapkan benar hal ini, P3K. Selama pandemi Covid-19, ada beberapa perlengkapan P3K yang sebelumnya jarang dibawa kini menjadi “sahabat” baru anda.

Apa saja itu ?. Pertama dan utama adalah masker. Gunakan masker yang dianjurkan dunia medis, yaitu tiga lapis dan menutupi mulut serta hidung anda. Jangan lupa juga untuk membawa masker cadangan dan menyimpannya dengan baik.

 

Selanjutnya, disinfektan spray. Jika anda merasa disinfektan spray terlalu ribet, anda bisa menggantinya dengan tisu alkohol setidaknya yang mengandung 70 persen.

 

Perlengkapan P3K lainnya yang harus anda bawa yaitu hand Sanitizr dan sarung tangan sekali pakai. Untuk sarung tangan, pastikan anda bawa dengan jumlah yang cukup.

 

Selain perlengkapan diatas, jangan lupa untuk membawa vitamin untuk anda konsumsi setiap hari dan juga obat obat khusus yang biasa dibawa selama perjalanan.

 

 

Gunakan pakaian yang tepat

 

Anda sebaiknya gunakan pakaian yang dapat meminimalisir penularan Covid-19, yaitu seperti pakaian lengan panjang, celana panjang, topi dan sepatu yang nyaman.

 

 

Bawa peralatan makan sendiri

 

Selama pandemi ini, hindari pengunaan peralatan makan secara bergantian. Anda lebih baik bawa peralatan makan sendiri yang sifatnya dapat digunakan kembali.

 

 

Pastikan tubuh sehat dan fit

 

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan tubuh anda sehat dan fit. Jika merasa kurang sehat saat hari keberangkatan. Segera periksa ke dokter untuk mendapat pengobatan secepatnya.

 

Jika dokter memberikan saran untuk tidak bepergian, sebaiknya anda tidak memaksakan diri. Anda bisa langsung refund tiket yang sudah anda beli.

 

 

Ikuti protokol kesehatan

 

Saat ini stasiun dan bandara sudah menerapkan aturan aturan baru terkait penyebaran Covid-19. Baik itu sebelum keberangkatan maupun saat di dalam moda transportasinya. Pastikan anda mengikuti semua protokol kesehatan tersebut.



Masukan email untuk update info :

Related Posts

Post a Comment