Kunjungi Satu Satu Nih! Deretan Tempat Wisata Populer di Bogor

Deretan Tempat Wisata Populer di Bogor - Bogor memang terkenal dengan wisata kuliner dan panorama alamnya. Meskipun familiar dengan tingkat kemacetannya namun keasrian kota yang mendapat julukan kota hujan ini selalu menjadi daya tarik untuk liburan keluarga.

 

Berikut ini akan dishare beragam destinasi wisata terbaik untuk melepas lelah bersama keluarga di Bogor:

 

Tempat Wisata Populer di Bogor

Tempat Wisata Populer di Bogor

 

Curug Cikuluwung

 

Dijuluki Little Green Canyon karena mirip dengan aslinya yakni Green Canyon Pangandaran namun versi kecilnya. Di sini anda akan menikmati layanan kolam berair jernih dengan dinding batu raksasa di kedua sisinya.

 

Letaknya di Cibitung Wetan, Pamijahan, Bogor dengan harga tiket masuk Rp.10.000 - Rp 20.000/orang dan sudah termasuk ongkos parkir.

 

 

Taman Wisata Alam Gunung Pancar

 

Dari namanya, Taman Wisata Alam Gunung Pancar tentunya menyajikan keindahan panorama hutan pinus dan penghijauan. Kegiatan-kegiatan alam bisa anda dapatkan di spot ini.

 

Berlokasi di Kp. Ciburial Desa Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor dengan ongkos masuknya Rp.5.000 (Senin – Jumat) dan Rp.7.500 (Sabtu – Minggu), destinasi ini dapat menjadi tempat refreshing sekaligus obyek foto pribadi maupun keluarga.

 

 

Gunung Batu Jonggol

 

Lokasinya di Sukaharja, Sukamakmur, Bogor dan harga tiket masuk Rp.15.000. Destinasi ini bisa digunakan sebagai alternatif pendakian bila anda seorang pecinta alam atau yang ingin menikmati berswafoto di ketinggian.

 

 

Danau Quarry Jayamix

 

Dulunya adalah tambang pasir namun sekarang sudah terbengkalai, Danau Quarry menjadi salah satu spot menarik karena permukaan air yang kebiruan. Harga tiket masuknya murah, cuma Rp.2.000 dan lokasinya berada di Tegalega, Cigudeg, Bogor.

 

 

Pemandian Air Panas Gunung Peyek

 

Sekalipun Bogor memiliki banyak tempat pemandian air panas, namun kali ini kami menawarkan spot yang berlokasi di Jalan Pasar Ciseeng, Parung, Bojong Indah, Parung. Tempat ini masih sepi pengunjung namun anda tetap akan disuguhi pemandangan alam yang eksotis dengan udara segar.

 

 

Penangkaran Rusa Giri Jaya

 

Terdapat berbagai jenis rusa yang ditangkarkan yakni rusa Cheetal, Jawa, dan Bawean. Pada spot wisata di Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor ini, anda dapat berinteraksi dengan rusa dengan panorama alam yang asri.

 

Pengelola juga menyediakan bermacam sarana outbond  dan camping  sebagai alternatif kegiatan. Harga tiketnya Rp.2.500 dengan jam operasionalnya mulai pukul 07.00 - 17.00 WIB.

 

 

Kebun Raya Bogor

 

Merupakan obyek wisata terpopuler kedua di Bogor berupa taman dengan ribuan spesies flora dan beberapa jenis rusa. Di sini terdapat istana presiden yang dibangun tahun 1744.

 

Berada di Jl. Ir. Haji Djuanda No.13, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Bogor, Kebun Raya ini dikelilingi oleh spot-spot kuliner dan perbelanjaan serta dengat dengan stasiun Bogor. Jam bukanya mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB dengan harga tiket masuk sebesar Rp.15.000.

 

 

Lawang Salapan

 

Berada di Jalan Padjajaran, Lawang Salapan bermakna gerbang sembilan dan sepertinya akan menjadi ikon baru kota Bogor. Tampilan bangunan ini adalah 10 pilar dengan 9 pintu masuk yang terbuka tanpa pintu. Cocok dijadikan tempat berkumpul dan berfoto.

 

 

Museum Zoologi

 

Letaknya bersebelahan dengan Kebun Raya Bogor. Sambil menyelam minum air, kira-kira pepatah tersebut cocok untuk menggambarkan kunjungan ke museum setelah dari Kebun Raya karena sama saja menikmati 2 obyek wisata terbaik di Bogor jika dilakukan dalam satu hari.

 

Museum mulai mengumpulkan koleksi satwa sejak 1894 dan menyimpan jutaan fosil satwa mulai dari mamalia, unggas, serangga, dan ikan. Buka mulai pukul 07.30 – 16.00 WIB untuk Senin – Kamis, 07.30 – 11.30 WIB & 13.00 – 16.30 di hari Jumat, dan 08.00 – 17.00 WIB untuk Sabtu – Minggu serta hari libur nasional. Harga tiketnya murah karena hanya dibanderol Rp.15.000/orang

 

 

Taman Bunga Nusantara

 

Destinasi wisata flora satu ini berlokasi di Jalan Mariwati Km7, Desa Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Cianjur. Dibuka pukul 08.00 – 17.00 WIB untuk Senin – Jumat, sedangkan di hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional pukul 08.00 – 17.30 WIB.

 

Dengan tiket masuk seharga Rp.30.000/orang, anda bisa berswafoto di taman berkonsep dari berbagai negara melalui keberadaan tanaman-tanaman hiasnya yang menawan.

 

 

Little Venice Puncak

 

Spot menarik ini terletak di Kota Bunga Estate, Jl. Hanjawar, Ds. Sukanagalih Pacet, Cipanas, Cianjur. Jam operasionalnya mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp.20.000.

 

Sesuai namanya, destinasi wisata ini hampir serupa dengan kota Venesia di Italia dalam hal arsitekturnya. Anda dapat menikmati keindahan Little Venice melalui gondola atau menggunakan sampan sebagaimana di Venesia.

 

 

Kampung Budaya Sindangbarang

 

Kampung Budaya Sindangbarang berlokasi di Jl. Endang Suma Wijaya, RT02 RW08, Sindang Barang, Dukuh Menteng, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Bogor, Destinasi wisata ini menawarkan pertunjukan tradisional Sunda dan anda bisa ikut menumbuk padi dan melakukan beragam aktivitas lain selayaknya di desa.

 

Kampung dengan adat Sunda ini buka mulai pukul 07.00 - 17.00 WIB dengan harga tiket dibanderol Rp.55.000/orang dengan syarat minimal untuk 40 orang.

 

 

Pura Parahyangan Agung Jagakartta

 

Masih sekitar Kecamatan Taman Sari, destinasi wisata berikutnya adalah Pura Parahyangan Agung Jagakartta yang merupakan Pura terbesar di Provinsi Jawa Barat dan terbesar kedua di Indonesia setelah Pura Besakih di Bali.

 

Lokasi tepatnya ada di Kampung Warungloa RT.03/09, Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, kaki Gunung Salak dengan jam operasional berlaku mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB. Jangan khawatir, di spot ini tidak ada pengenaan biaya masuk alias gratis.

 

 

Curug Leuwi Cibaliung

 

Jika ingin bertamasya ke air terjun, Curug Leuwi Cibaliung pilihannya. Lokasinya di Jl. Raya Gn. Pancar, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor dimana tiket seharga Rp.15.000,00 jika masuk wilayah Leuwi Hejo dan Rp.5.000 untuk masuk ke Leuwi Cibaliung.

 

 

The Jungle Waterpark

 

Destinasi populer berikutnya adalah The Jungle Waterpark yang beralamat di Bogor Nirwana Boulevard, Perumahan Bogor Nirwana Residence, Jl. Dreded Pahlawan, Bogor Selatan. Sebagaimana taman bermain air, pengelola menghadirkan wahana seru yang bisa dinikmati anak-anak dan orang dewasa.

 

Jam operasionalnya pukul 10.00 – 18.00 WIB (Senin – Jumat), 09.00 – 18.00 WIB (Sabtu – Minggu dan libur nasional), 09.00 – 20.00 WIB (high season/liburan sekolah). Harga tiketnya cukup terjangkau yakni Rp.80.000 untuk Senin – Jumat dan Rp.100.000 di hari Sabtu,  Minggu, dan libur nasional.

 

 

Goa Agung Garunggung

 

Terletak di Karang Tengah 2, Babakan Madang, Sentul dan masih minim pengunjung karena informasi keberadaan obyek wisata ini masih jarang diketahui wisatawan. Tempat ini cocok untuk berendam, swafoto, atau sekedar menyegarkan badan dan pikiran.

 

 

Taman Wisata Mekar Sari

 

Destinasi wisata Bogor ini merupakan kebun buah yang bisa dinikmati langsung kesegaran buahnya. Pengelola juga menawarkan kegiatan outbond dan sepeda air ditengah-tengah danau buatan.

 

Alamatnya di jalan Raya Cileungsi - Jonggol KM.3, Desa Mekarsari, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor dengan harga tiket masuk Rp.25.000,00/orang, Rp.15.000 untuk mobil, dan Rp.5.000 untuk sepeda motor. Buka mulai pukul 06.00 – 16.00 WIB

 

 

Highland Park Resort

 

Penginapan dengan tenda modern nan unik disajikan oleh Highland Park Resort mirip tempat tinggal suku Mongol dan Apache Indian. Sebelum berwisata ke spot-spot menarik lainnya di Bogor, tidak ada salahnya mengajak keluarga beristirahat di sini terlebih dahulu.

 

Lokasinya di Jl. Curug Nangka Sinarwangi, Sukajadi, Kec. Tamansari, Bogor, Jawa Barat dengan harga kamar dibanderol mulai dari Rp.1.000.000/malam dan full buka 24 jam.

 

 

Bukit Alesano

 

Lebih dikenal dengan Bukit Bintang dan berada di Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Lokasi ini cocok untuk berkemah dan menikmati suasana malam penuh bintang serta sunrise dari celah antara Gunung Salak dan Gunung Gede.

 

 

Suaka Elang Loji

 

Spot ini berada di Bumi Perkemahan Suaka Elang, Ciburayut, Cigombong, Bogor dan buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Dengan harga tiket seharga Rp.20.000, pengelola menawarkan wisata alam sekaligus edukasi berbasis konservasi.

 

Anda dapat melihat langsung aktivitas elang pada salah satu dari tiga kandang yang ada di kawasan konservasi ini dan mendapatkan pemahaman tentang bagaimana mengembangbiakkan dan melepasliarkan elang agar spesiesnya tidak punah.

 

 

Taman Safari Indonesia

 

Obyak wisata terpopuler dengan aneka fauna dan wahana pemacu adrenalin ini berada di Jalan Raya Puncak No.601, Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor dengan jam operasional pukul 08.30 – 17.00 WIB untuk hari biasa; pukul 08.00 – 17.00 WIB khusus akhir pekan dan hari libur nasional.

 

Dengan harga tiket dibanderol Rp.180.000,00/orang, tarif parkir Rp.20.000,00 untuk mobil, dan Rp.10.000 untuk sepeda motor, menjadikan spot ini pilihan utama bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Bogor. Bila ingin santai, ada bisa menginap di hotel yang dekat Taman Safari.

 

 

De Ranch Megamendung

 

Destinasi wisata ini terletak di Jl. Raya Puncak – Cianjur No.428, Desa Leuwimalang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Jam Operasionalnya pukul 09.00 – 17.00 WIB dan harga tiket masuk Rp.20.000.

 

Spot ini layaknya kota Texas, Amerika yang terkenal dengan dunia koboi, kuda, dan peternakan. Keindahan taman bunga juga tersaji di sini selain restoran yang menawarkan menu kuliner terbaik, Anda dan keluarga dapat mencoba fasilitas latihan memanah atau berkuda namun tambahan biaya.

 

 

Telaga Saat

 

Berlokasi di Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, telaga ini bersembunyi di antara pepohonan, perkebunan teh, dan perbukitan. Dengan tiket masuk Rp.31.000 dan ongkos parkir Rp.5.000, anda bisa menikmati panorama perbukitan, mata air yang jernih, serta udara sejuk.

 

Sampai saat ini, telaga masih jarang dikunjungi sehingga menjadikan lingkungan tetap bersih dan nyaman. Anda bisa berswafoto untuk instagram story atau menjadikan latar belakang telaga sebagai koleksi album foto.

 

 

Paralayang Bukit Gantole Puncak

 

Cisarua kembali menghadirkan spot wisata menarik namun kali ini yang dapat memacu adrenalin. Tepatnya di Jl. Raya Puncak Km 87, Bukit Paralayang, Puncak, West Java, Tugu Selatan, Cisarua, Bogor.

 

Kegiatan Paralayang bisa anda dapatkan dengan membayar tiket masuk sebesar Rp.13.000 dan Rp.350.000 tiap penerbangan. Dibuka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

 

 

House of Hobbit Cisarua

 

Terinspirasi oleh film The Hobbits dan The Lord of The Rings, obyek wisata yang beralamat Jl.Gandamanah No.251, Tugu Sel., Kec. Cisarua, Bogor bisa dinikmati kapan saja karena jam operasionalnya 24 jam. Nama aslinya adalah Pinewood Lodge & Organic Farm namun ternyata lebih dikenal dengan House of Hobbit karena kedua film tadi.

 

Tidak hanya berswafoto, anda pun bisa memasuki rumahnya. Harga tiket masuk Rp.10.000, untuk Senin-Jumat serta Rp 20.000 di hari Sabtu dan Minggu., tapi lebih terkenal dengan nama House of Hobbit karena berkonsep seperti rumah yang ada di film The Lord of the Rings.

 

 

Curug Cilember

 

Cisarua tidak kehabisan spot menarik. Kali ini Desa Jogjongan lah yang menghadirkan air terjun 7 tingkat. Obyek wisata ini cukup instagramable karena keindahannya dan kemudahan akses.Tiket masuk ditawarkan sebesar Rp.12.000/orang.

 

 

Taman Wisata Matahari

 

Destinasi wisata populer berikutnya di Cisarua adalah Taman Wisata Matahari yang menghadirkan wahana keluarga dan edukasi flora.

 

Tiket dibandero seharga Rp.50.000 untuk Senin - Jumat dan Rp.60.000 untuk Sabtu  Minggu. Lokasi tepatnya adalah Jalan Raya Puncak KM 77 No 132, Cilember, Cisarua, Bogor dengan jam operasional mulai buka pukul 08.00 – 16.00 WIB di hari Senin  Jumat dan 08.00 – 17.00 WIB di hari Sabtu - Minggu.

 

Panorama Pabangbon

 

Destinasi ini adalah puncak hutan pinus yang terletak di daerah Leuwiliang. Untuk mencapai area ini dibutuhkan stamina prima karena jalan yang sempit dan menanjak. Pihak pengelola telah mendekorasi sedemikian rupa sehingga tampak menarik dan instagramable. Tentu pemandangan hutan dan pepohonan menjadi daya tarik spot ini.

Posting Komentar untuk "Kunjungi Satu Satu Nih! Deretan Tempat Wisata Populer di Bogor"