Cek 5 Hal Penting Ini Sebelum Pesan Mobil Rental

5 Perkara Penting yang Wajib Diperhatikan Sebelum Pesan Mobil Rental - Menyewa mobil baik untuk aktivitas harian atau liburan adalah salah satu alternatif transportasi. Pilihan merk dan tipe bisa anda dapatkan hanya dengan mengunjungi tempat mobil rental atau situs rental tersebut.

 

Namun ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum memutuskan menyewa mobil rental sebagaimana yang akan dibahas berikut ini:

 

Hal Penting Ini Sebelum Pesan Mobil Rental

5 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Sewa Mobil

 

Cek Bagian Luar Mobil

 

Tampilan bodi mobil harus anda cek karena lecet dan penyok bisa menghadirkan komplain dari pengelola. Ajaklah pihak rental untuk melihat pada bagian mana saja yang mengalami kedua hal tadi.

 

Jika sudah disepakati bagian-bagian tersebut, maka anda siap untuk mengendarainya. Ini adalah langkah pencegahan bila terjadi pengembalian mobil, karena semua sudut akan dicek kondisinya oleh pihak rental.

 

 

Teliti Interior Mobil

 

 

Sama halnya dengan bodi mobil, pada bagian interior juga perlu diteliti kecacatannya. Selain goresan, juga dicek apakah interior berfungsi dengan baik dengan proiritas setir, rem, kopling, gas, wiper, lampu sorot dan sen, serta AC.

 

Jika fungsi dari salah satu interior tadi tidak berjalan baik, maka carilah mobil lain karena bagian-bagian tersebut sangat penting ketika melakukan perjalanan.

 

 

Kelengkapan Dokumen

 

Bagian ini juga perlu diperhatikan karena terkadang ada operasi patuh jaya yang dilakukan pihak kepolisian dan dinas perhubungan. Sehingga pastikan STNK mobil rental yang anda pilih masih berlaku, dan jika anda memutuskan untuk menyewa mobil lepas kunci, pastikan juga SIM anda tidak habis masa berlakunya.

 

 

Pahami Syarat dan Ketentuan

 

Persyaratan dan ketentuan yang ditentukan pengelola rental umumnya sama, hanya saja terkadang berbeda durasi jam penyewaan termasuk toleransi atau dispensasi jika terlebih beberapa menit.

 

Perhatikan juga keadaan yang ditanggung oleh penyewa atau pengelola terkait bila ada gangguan di jalan seperti pecah ban, rem blong, mogok, dan lainnya.

 

Untuk pecah ban, biasanya ada asuransi yang telah dijaminkan oleh pengelola kepada pihak ketiga. Oleh karena itu, penting sekali untuk membaca dan memahami ketentuan dari pengelola rental.

 

 

Patuhi Peraturan Berkendara dan Prokes

 

 

Poin ini menjadi krusial mengingat banyaknya kecelakaan di jalan tol disebabkan kecepatan tinggi maupun aksi ugal-ugalan. Bersabar dan mematuhi rambu lalu lintas adalah kewajiban bagi setiap pengendara.

 

Jika anda memutuskan untuk menggunakan sopir sewaan maka carilah rental yang ketat terhadap aturan berkendara, misalnya di kaca bagian belakang tertulis, “Jika supir kami ugal-ugalan, silakan hubungi kami di nomor -sekian-”. Atau pada brosur tertera nomor yang bisa dihubungi bila pengendara mobil tidak taat peraturan berkendara.

 

 

Selalu perhatikan prokes

 

Menjaga protokol kesehatan dilakukan untuk mencegah kemungkinan tertular. Maka pastikan mobil telah disemprot desinfektan dan sebagai tambahan, silakan anda membawa handsanitizer serta menggunakan masker.

 

Semoga artikel ini bermanfaat dan ingat untuk selalu menjaga protokol kesehatan dan patuhi peraturan dalam berkendara.

Posting Komentar untuk "Cek 5 Hal Penting Ini Sebelum Pesan Mobil Rental"