Jangan Terlewat! Ini Hal Penting Soal Barang Bawaan di Kereta

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Soal Barang Bawaan di Kereta – Walaupun sudah dibuat peraturannya sejak 2016 lalu, namun hingga kini masih banyak calon penumpang yang belum memahami aturan soal barang bawaan sebelum berangkat menggunakan kereta api.

 

Sejak 1 Januari 2016, PT KAI mengatur secara spesifik barang bawaan yang bisa dibawa masuk oleh calon penumpang ke dalam kereta, mulai dari berat, ukuran sampai biaya tambahan.

 

Agar perjalanan kereta anda nyaman dan tidak sampai menggangu penumpang lainnya, berikut akan dishare kembali hal hal penting soal barang bawaan di kereta api.

 

Hal Penting Soal Barang Bawaan di Kereta

Hal Penting Soal Barang Bawaan di Kereta

 

Berat dan ukuran

 

PT KAI memberikan bagasi gratis ke setiap calon penumpang dengan berat maksimum sampai 20 kg. Volume maksimum 100 dm3 atau kira kira secara umum dimensinya 70x48x30 cm.

 

Paling banyak barang bawaan yang bisa dibawa masuk oleh calon penumpang terdiri dari 4 koli (item bagasi). Jadi pastikan anda mengemas barang bawaan secara efektif.

 

 

Biaya tambahan

 

Jika anda membawa barang bawaan yang melebihi ketentuan, PT KAI akan mengenakan biaya tambahan. Besarannya sesuai dengan kelas kereta yang akan anda gunakan.

 

Untuk kelas ekonomi, biaya tambahannya sebesar Rp 2.000 per kilogram. Untuk kelas bisnis, sebesar Rp 6.000 per kg. Sedangkan untuk kelas eksekutif, dikenakan biaya tambahan Rp 10.000 per kilogram.

 

 

Tempat menaruh barang bawaan

 

Ini yang sering menjadi masalah saat masuk ke dalam kereta. Agar tidak dicap sebagai penumpang yang menyebalkan oleh penumpang lain, pastikan anda meletakkan barang bawaan anda ke tempat yang sudah ditentukan, yaitu bagasi di atas tempat duduk penumpang.

 

Taruh dengan posisi yang benar dan tidak menjadi potensi yang membahayakan bagi penumpang lain.

 

Jika ternyata tidak muat di bagasi, jangan gunakan ruang bagasi milik penumpang lain. Anda bisa gunakan ruang di bawah tempat duduk anda.

 

 

Gunakan jasa ekspedisi KA

 

Untuk memudahkan calon penumpang  yang memang harus membawa barang bawaan yang banyak, PT KAI telah menyediakan jasa ekspedisi.

 

Untuk Daop 1, pengiriman barang bisa dilakukan di 3 stasiun, yaitu Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cikampek dan Stasiun Pasarsenen.

 

 

Bawa sepeda ke dalam kereta

 

PT KAI memperbolehkan calon penumpang membawa sepeda ke dalam kereta, dengan ketentuan berat maksimal 20 kilogram dan ukuran roda maksimal 22 inci. Jenis sepeda yang dibolehkan hanya sepeda lipat.

 

Untuk jenis sepeda lainnya seperti road bike atau mountain bike, menggunakan layanan jasa ekspedisi yang sudah disebutkan di atas.

 

 

Hewan peliharaan

 

Calon penumpang tidak diperbolehkan membawa hewan peliharaan ke dalam kereta, apapun jenisnya. Untuk membawa hewan peliharaan harus menggunakan layanan angkutan barang.

 

Itupun harus memenuhi ketentuannya, seperti bukan termasuk hewan yang dilarang pemerintah, harus menggunakan kandang khsusus hewan dan mempersiapkan makan/minum untuk selama perjalanan. 

Posting Komentar untuk "Jangan Terlewat! Ini Hal Penting Soal Barang Bawaan di Kereta"