Cara Lapor Barang yang Hilang Atau Ketinggalan di Kereta

Cara Lapor Barang yang Hilang Atau Ketinggalan di Kereta – Entah karena lelah atau tidak teliti, tidak sedikit penumpang yang tertinggal barang bawaannya atau bahkan hilang saat perjalanan kereta api.

 

Untuk mengatasi masalah tersebut, PT KAI sudah meyediakan layanan Lost dan Foud. Layanan ini bisa memberikan kemudahan untuk konsumen kereta api yang barangnya tertinggal atau hilang di kereta.

 

Ada beberapa cara yang bisa dipakai penumpang kereta untuk mendapatkan kembali barangnya yang hilang. Berikut ulasannya.

 

Cara Lapor Barang yang Hilang Atau Ketinggalan di Kereta

 

Lapor langsung ke petugas

 

Jika anda masih di dalam kereta ketika barang hilang, anda bisa langsung lapor ke kondektur yang sedang berdinas di dalam KA. Namun jika sudah turun di stasiun anda bisa lapor ke Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) yang sedang berdinas di stasiun.

 

 

Telpon Contact Center 121

 

Selain cara di atas, anda bisa hubungi Contact Center KAI di 121 untuk melaporkan barang anda yang hilang atau tertinggal. Sebaiknya lakukan dengan segera jangan ditunda, agar laporan anda dapat dengan cepat diteruskan ke petugas kereta. 

 

Cara Lapor Barang yang Hilang Atau Ketinggalan di Kereta

Alur laporan barang yang hilang

 

Setelah mendapatkan laporang kehilangan barang dari penumpang kereta, petugas akan langsung melakukan tindakan. Biasanya petugas akan melakukan penyisiran, baik itu di stasiun ataupun di dalam gerbong.

 

Nantinya petugas akan menghubungi pelapor mengenai progres penanganan barang hilang tersebut.

 

Jika sudah ditemukan, konsumen bisa mengambilnya di Pos Pengamanan atau Pos Khusu Barang Hilang di tiap stasiun.

 

Sebelum mengambil, petugas akan menanyakan ciri ciri barang tertinggal, setelah cocok, konsumen tinggal menyerahkan kartu identitas untuk dilakukan verifikasi dan validasi kepemilikan barang. Setelah itu, kosnumen dapat mengambil kembali barangnya tanpa dipungut biaya sepersen pun.

Posting Komentar untuk "Cara Lapor Barang yang Hilang Atau Ketinggalan di Kereta"