Tips Bepergian Jarak Jauh Menggunakan Motor

Tips Bepergian Jarak Jauh Menggunakan Motor - Banyaknya masyarakat yang menggunakan moda transportasi roda dua untuk bepergian jarak jauh seperti saat mudik,  terkadang bertujuan menghemat budget sekaligus menikmati panorama alam dengan santai.

Namun, hal ini berbahaya bila tidak diikuti dengan tindakan yang dapat mengurangi potensi kecelakaan selama perjalanan.

Berikut ini aktivitas-aktivitas yang perlu diperhatikan sebelum dan saat bepergian jarak jauh menggunakan motor.

 

Tips Bepergian Jarak Jauh Menggunakan Motor

Tips Bepergian Jarak Jauh Menggunakan Motor

 

Rencanakan perjalanan

Mempersiapkan rute yang akan dilalui merupakan hal pertama dan utama yang harus dilakukan ketika ingin bepergian jauh menggunakan motor.

Siapkan dengan matang rute yang akan digunakan. Siapkan juga beberapa rute alternatif sebagai rencana cadangan jika rute utama mengalami kendala.

 

Gunakan pakaian dan perlengkapan yang tepat

Tepat disini bukan berarti harus merek terkenal dan mahal. Cukup pas dan nyaman di tubuh anda. Tentunya yang memberikan perlindungan secara optimal.

Untuk helm, gunakan yang full face dan SNI, baik untuk pengendara maupun penumpang.

 

Cek Kondisi Motor

Tindakan preventif pertama adalah memeriksa kondisi motor, mulai dari busi, rem, rantai, kopling, oli, karburator, dan ban. Pastikan untuk membawa busi cadangan, bohlam lampu, dan mengecek secara teliti keausan ban dan kampas rem.

Tak lupa, aksesoris tambahan untuk menunjang aktivitas bepergian seperti kantung pelana sebagai bagasi tambahan serta lampu LED untuk lebih menerangkan jalan ketika malam.

 

Jaga Kondisi Badan

Sebelum memulai perjalanan, pastikan anda tidur dengan cukup. Hindari begadang untuk keperluan yang tak penting. Microsleep adalah penyebab banyaknya kecelakaan karena anda akan menidurkan mata sekejap.

Meskipun sebentar, namun pejamnya mata tersebut memberikan sensasi nyaman, dan inilah yang membahayakan ketika sedang berkendara.

Olahraga teratur dan makanan sehat juga berpengaruh untuk bugarnya badan.

 

Bawa Obat P3K

Obat-obatan ini meliputi obat sakit kepala, mabuk darat, masuk angin, dan multivitamin penambah tenaga. Selain itu, obat penahan rasa nyeri dan mengobati luka juga perlu dibawa sebagai tindakan berjaga-jaga bila terjadi peristiwa buruk.

 

Tidak bawa uang dan barang berlebihan

Barang bawaan yang terlalu banyak membuat motor akan lebih sulit untuk dikendalikan. Jadi bawa barang secukupnya.

Selain itu, uang yang dibawa juga jangan terlalu banyak dan simpan dalam ke beberapa tempat, jangan semuanya taruh di dompet.

 

Bawa Toolkit

Pastikan untuk membawa peralatan-peralatan perbaikan motor. Terkadang, rute yang dilalui tidak seluruhnya terdapat bengkel. Jadi, toolkit ini dipastikan akan membuat anda tidak khawatir selama perjalanan.

 

Manfaatkan Teknologi

Teknologi yang dimaksud adalah GPS sebagai penunjuk rute. Sebagai tindakan pengamanan, gunakan helm bluetooth yang terafiliasi dengan ponsel. Dengan teknologi pula, anda bisa mendapatkan gambaran lokasi tempat makan atau pom bensin yang bersih, aman, dan nyaman.

 

Jangan Memforsir Tubuh

Tubuh juga memerlukan istirahat sebagaimana mesin. Maka alangkah baiknya beristirahat tiap 2-3 jam untuk sekedar menyegarkan tubuh dengan memakan cemilan, minum, atau sekedar berbincang.

Memejamkan mata selama 15-30 menit bisa menghindarkan anda dari microsleep, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Power Nap.

 

Demikian tips bepergian jarak jauh bila menggunakan motor sebagai moda transportasinya. Semoga bermanfaat dan dapat diaplikasikan demi keselamatan berkendara.

Posting Komentar untuk "Tips Bepergian Jarak Jauh Menggunakan Motor"