15+ Tempat Wisata Alam Terbaik di Yogyakarta

Tempat Wisata Alam Terbaik di Yogyakarta - Bagi anda pecinta panorama alam dan sedang berkunjung ke Yogyakarta, jangan lewatkan deretan tempat wisata alam yang ada di sana.

Di Yogyakarta ada beberapa tempat makan atau cafe yang memang sengaja mengambil tempat di luangan terbuka, sehingga wisatawan bisa duduk santai sambil menikmati indahnya panorama alam.

Jika anda tertarik untuk mengunjunginya, berikut daftar tempat wisata alam terbaik di Yogyakarta. Jangan lupa untuk cek juga hotel murah di Yogyakarta, jika anda berencana untuk menginap di sana beberapa hari.

 

Tempat Wisata Alam Terbaik di Yogyakarta

Tempat Wisata Alam Terbaik di Yogyakarta

 

Pantai Nglambor

Pantai wisata di Gunungkidul ini nyaman digunakan untuk snorkeling. Terletak di Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, persis di sebelah Barat dari Pantai Siung dan sebelah Timur dari Pantai Jogan.

Tiket masuk dibanderol Rp.6.000/orang. Sedangkan biaya snorkeling berkisar Rp.50.000-Rp.75.000 sudah termasuk seluruh perlengkapannya.

 

Geblek Menoreh View

Lokasinya di Pamonosutan, Kembang, Pronosutan, Kabupaten Kulon Progo dengan panorama sawah serta menyediakan angkringan khas Yogyakarta.  Harga menu yang ditawarkan juga sangat murah hanya sekitar Rp.1.000-Rp.8.000 saja.  Jam operasionalnya mulai pukul 07.00 hingga 19.00 WIB.

 

Taman Watu Cafe & Resto

Tak hanya sunset, pemandangan laut dari ketinggian merupakan daya tarik utama spot ini karena lokasinya yang berada di atas bukit Pantai Gesing. Menu yang ditawarkan mulai dari berbagai jenis ikan laut seperti lobster, kakap, kerang, dan racikan lezat lainnya. 

Ada spot foto menarik berupa gazebo yang bisa digunakan.  Jam operasionalnya adalah setiap hari mulai pukul 09.00-19.00 WIB.

Untuk masuk ke arena ini, anda harus melalui loket utama Pantai Gesing dengan tiket masuk seharga Rp.5.000. Dengan tiket tersebut, anda bisa berekreasi di pantai termasuk Taman Watu Cafe & Resto. Ongkos parkir yakni Rp.3.000 untuk sepeda motor dan Rp.5.000 untuk mobil.

 

Tumpeng Menoreh

Spot wisata menarik lainnya berada di di Desa Ngargoretno, Kulon Progo, Yogyakarta dan dibuka selama 24 jam setiap hari. Menampilkan sebuah restoran unik berbentuk heksagon yang dibangun di atas Bukit Menoreh. Panorama yang ditawarkan adalah pemandangan dari empat gunung, yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro. Tiket masuk dibanderol Rp.50.000 dan nanti dapat ditukarkan dengan makanan serta minuman. 

De Mangol

Terletak di Jalan Raya Patuk Ngoro-ngoro KM 1,4, Sumber Tetes, Patuk, Gunungkidul dengan panorama yang ditawarkan berupa bukit dan Gunung Merapi. De Mangol dibuka pada pukul 10.00 sampai 21.00 WIB setiap harinya.

 

HeHa Ocean View

Spot ini bisa ditempuh dalam waktu 1 jam 20 menit dari pusat Kota Yogyakarta. Menawarkan eksotisme pemandangan pantai selatan serta berbagai aktivitas, Heha Ocean View membanderol harga tiket masuk yang terjangkau, yakni Rp.15.000-Rp.20.000.

Fasilitasnya sangat lengkap ada food stall, drink stall, angkringan, mushola, toilet, taman untuk nongkrong, panggung musik, dan berbagai spot foto. Harga menu angkringan berkisar Rp.5.000-Rp.7.000. Sedangkan restoran memberikan tarif tertinggi pada menunya seharga Rp.20.000.

 

HeHa Sky View

Berlokasi di Jl. Dlingo-Patuk No.2, Patuk, Gunungkidul, DI Yogyakarta, HeHa Sky View bisa dijangkau dalam 30 menit saja dari Kota Jogja. Rute termudah ke HeHa Sky View adalah melalui Jl. Jogja - Wonosari sekitar 12 km. Setelah melewati Tugu Selamat Datang Gunungkidul, belok kanan ke Jl. Patuk - Dlingo sekitar 500 meter.

Serupa dengan Ocean View, Heha Sky View juga memiliki tiket masuk Rp.15.000-Rp.20.000. Namun tentunya panorama yang ditawarkan adalah pemandangan perbukitan dengan berbagai spot foto instagramable yang mengitarinya.

Tarif parkir kantong parkir (seberang jalan) seharga Rp.3.000 untuk motor/sepeda, mobil sebesar Rp.5.000, Elf/HiAce seharga Rp.25.000, dan bus seharga Rp.50.000. Adapun tarif parkir VIP yang berada di depan dan samping lobi, seharga Rp.25.000 khusus untuk mobil.

 

Bukit Lintang Sewu

Lokasinya di Karang Asem, Muntuk, Dlingo, Bantul dan dapat ditempuh selama sekitar satu jam dari Kota Yogyakarta. Penginapan dengan konsep glamping ini berada di kawasan hutan pinus sehingga pengujung bisa merasakan sejuknya tidur di tengah hutan.

Spot ini juga memiliki berbagai titik swafoto beraneka bentuk seperti rumah terbalik, gardu foto dengan tempat tidur, spot berbentuk bintang, dan lain-lain.  Tiket masuk dibanderol Rp.5.000 dengan biaya parkir motor Rp.2.000 serta mobil Rp 5.000 saja.

 

Bukit Pengilon

Lokasinya terletak di kawasan pesisir Gunungkidul, Yogyakarta, tepatnya di area hutan Purwodadi, Tepus. Pemandangan indah yang didapat adalah perbukitan dan pantai. Tempat wisata ini acapkali digunakan oleh wisatawan untuk berkemah.

Kekurangan spot ini adalah tempatnya yang masih terpencil sehingga akses jalannya cukup sulit terlebih ketika hujan karena konturnya yang masih berupa tanah, mengakibatkan tidak mudah untuk dilewati.

 

Desa Wisata Kaki Langit

Obyek wisata yang lokasinya berada di Dusun Cempuk Desa Mangunan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tak jauh dari hutan pinus ini menawarkan suasana tempo doeloe (jaman dahulu), ditambah berbagai arena hiburan dan spot selfi menarik.

Desa wisata menawarkan berbagai kuliner tradisional khas Kota Budaya itu.  Kuliner tradisional yang bisa dicoba, di antaranya gudeg manggar, thiwul, kicak, cemplon, sayur bobor, sayur jambu mete, sambel terong, sambal bawang dan lain-lain.

Wisatawan akan dihibur dengan pertunjukan kesenian tradisional seperti Gejog Lesung, Cokean, Tarian Budi Astuti, Tarian Gambyong, dan lainnya. Mereka juga dapat menikmati keindahan alam dengan berkeliling dengan sepeda motor trail dan jeep.

Bagi yang ingin ke spot ini disarankan datang pada pagi hari yakni pukul 07.00-12.00 WIB.  Meski dibuka sampai 24 jam, makanannya biasanya sudah banyak yang habis bila datang pada sore atau malam hari. Bagi wisatawan yang ingin menginap di rumah kawasan ini cukup membayar Rp.400.000-Rp.600.000/malam. Rumah dapat ditempati sampai dengan 5 orang.

 

Bukit Bintang

Sesuai namanya, tempat wisata alam ini menyuguhkan pemandangan terbaik di waktu malam hari. Terletak di kawasan Gunung Kidul, tepatnya di pinggir jalan utama Yogyakarta–Wonosari dimana pengunjung tidak dikenakan biaya masuk, namun cukup membayar parkir Rp.2.000 untuk motor dan Rp.5.000 untuk mobil.

 

Tebing Breksi

Berada di Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, tepatnya di sebelah selatan Candi Prambanan dan berdekatan dengan Candi Ijo serta Kompleks Keraton Boko.

Spot ini menampilkan ukiran ular di salah satu bagian tebing dengan panorama air laut di sekelilingnya sehingga menjadi salah satu obyek wisata terbaik di Yogyakarta. Tebing putih menjadi area intagramable dan paling mencolok di antara area sekitarnya. Tiket masuk dibanderol Rp.10.000/orang dengan jam buka setiap hari pukul 06.00-20.00 WIB.

 

Pinus Pengger

Sebagaimana namanya, spot wisata alam ini dikelilingi pohon pinus. Spot terbaik adalah susunan ranting pohon berbagai bentuk yaitu bulat, cinta, segitiga, dan lainnya.  Fasilitas lainnya ada flying fox, camping ground, sepeda hutan, hingga jelajah alam.

Wisata alam ini berlokasi di Sendangsari, Desa Terong, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hutan Pinus Pengger mudah dijangkau karena terletak dipinggir jalan Patuk-Dlingo km 4,5. Harga tiket sangat murah yakni hanya Rp.3.000/orang. Tarif parkir Rp.2.000, Rp.5.000, dan Rp 20.000, masing-masing untuk motor, mobil, serta bus.

 

Puncak Sosok

Puncak bukitnya sangat populer karena menampilkan panorama sunset luar biasa indah. Adapun waktu paginya, para pesepeda hilir mudik istirahat di bukit ini. Terletak di Bantul, dengan harga tiketnya tidak dipatok alias sukarela.

Anda dapat berburu foto terbaik di jajaran toko makanannya atau berada di jembatan kayu dengan pemandangan menarik di sekelililngnya.

 

Goa Pindul

Terletak di Bejiharjo, Karangmajo, Gunungkidul, Yogyakarta. Wahana andalannya adalah menyusuri goa yang sempit dan luas menggunakan ban pelampung.  Panjang goa sekitar 350 meter.  Penyusuran diprediksi memakan waktu sekitar satu jam karena perlu mengantre bila melewati jalan yang sempit. Harga tiket masuk sekitar Rp.40.000/orang. 

 

Obelix Hills

Obelix Hills berada di jalan Klumprit, Blok I & 2, Wukirharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman dengan jam buka setiap Senin hingga Jumat mulai pukul 10.00-22.00 WIB, dan Sabtu-Minggu pada pukul 07.00-22.00 WIB. Spot wisata yang menawarkan pemandangan dari atas ketinggian dengan suhu dingin ini membanderol tiket masuk Rp.15.000/orang.

Posting Komentar untuk "15+ Tempat Wisata Alam Terbaik di Yogyakarta"