Cara Atasi Anak yang Rewel di Pesawat

Cara Atasi Anak yang Rewel di Pesawat - Karakter anak adalah ingin bermain dan diperhatikan. Terkadang sifat keras kepala dan moody bisa muncul di waktu dan situasi yang kurang tepat.

Pesawat sebagai moda transportasi massal tentunya memiliki peraturan agar setiap penumpang disiplin, tenang, dan tidak membuat kegaduhan. Namun, anak yang sedang rewel tentu membuat penumpang lain iba dan memaklumi. Sebagai orang tua si anak, tentu memiliki rasa bersalah kepada para penumpang.

Berikut akan dishare deretan tips traveling bersama anak, khususnya mengenai cara efektif menenangkan anak yang rewel di psawat.

 

Cara Atasi Anak yang Rewel di Pesawat

Cara Menenangkan Anak yang Rewel di Pesawat

 

Berikan sedikit mainan

Memberikan seluruh mainan kepada anak akan menimbukan kegaduhan karena ia akan bergerak ke sana ke mari disebabkan banyaknya mainan yang ingin dipakai.

Memberikan sedikit mainan akan membuatnya konsentrasi pada mainan tersebut dan mengurangi aktivitas gerakan atau kelincahan si anak.

 

Siapkan alternatif mainan

Tipe anak laki-laki biasanya suka dengan otomotif atau figur, sedangkan perempuan suka dengan boneka atau menggambar. Ketika jangkauan bermain terbatas, terkadang membuat mereka mengeluh dan berpotensi rewel.

Sehingga untuk memanfaatkan space yang sedikit dan menenangkan mereka, orang tua hendaknya memberikan aktivitas yang tenang seperti menyediakan kertas origami, buku gambar, atau stiker tempel.

 

Berikan sebuah cerita

Cara paling efektif ketika menenangkan anak yang rewel adalah bercerita kisah kepadanya. Jadilah pendongeng yang baik agar mereka memperhatikan anda dan larut dalam kisah tersebut. Kisah tentang apa yang akan dilakukan sesampainya di tujuan bisa dijadikan tema cerita.

Kisah petualangan seraya menggunakan sebuah media misalnya boneka atau pulpen sebagai figur, dapat merangsang mereka untuk konsentrasi pada cerita anda.

 

Ajak anak berinterkasi dengan penumpang lain

Untuk mendapat perhatian anak, tentu orang tua harus belajar bahasa mereka agar memahami keinginan atau maksud mereka. Mengajak penumpang lain untuk berbicara bersama dengan memberikan pujian kepada si anak akan membuatnya merasa senang karena memang pada dasarnya mereka suka dengan pujian.

 

Waktu menyusui yang tepat

Bagi ibu menyusui tentu hal ini dapat dijadwalkan sesuai kebiasaan di rumah. Menunda memberikan makanan atau susu kepada anak beberapa jam sebelum keberangkatan untuk selanjutnya memberikannya beberapa saat menjelang waktu berangkat, akan mereduksi potensi rewelnya anak.

 

Demikian artikel terkait cara efektif menenangkan anak yang rewel ketika berada di pesawat, semoga informasi ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Atasi Anak yang Rewel di Pesawat"