Mau Trekking di Leuwi Hejo Bogor? Perhatikan 5 Hal Ini

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Trekking di Leuwi Hejo Bogor – Leuwi Hejo merupakan salah satu deretan tempat wisata populer di Bogor. Banyak pemandangan indah di sana mulai dari keindahan pegunungan hijau sampai gemuruh air sepanjanng aliran sungai.

Leuwi Hejo juga memiliki sebuah curug atau air terjun, yang sering disebut sebagai Green Canyon Bogor. Terletak di Kampung Wangan Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Bogor.

Leuwi Hejo sebenarnya memiliki beberapa curug dengan total jumlahnya ada lima, dimana jarak antara curug yang satu dengan lainnya tidak terlalu jauh. Hanya memerlukan 5-15 menit dengan perjalanan trekking.

Dengan menggunakan mobil bisa langsung keluar di pintu Tol Sentul lalu ambil ke arah kawasan JungleLand atau sekitar 4 jam perjalanan dari Jakarta.

Kembali soal trekking di Leuwi Hejo, Trekking dan hiking merupakan dua istilah dalam pendakian dan memiliki kesamaan, yaitu kegiatan berjalan jauh.

Yang menjadi pembeda adalah hiking memiliki jalur aman dan waktu perjalanannya bisa diprediksi. Sedangkan trekking lebih kepada jalur yang “beda” atau medannya tidak bisa diprediksi.

Berikut ini hal penting yang harus anda perhatikan sebelum melakukan trekking di Leuwi Hejo.

 

tips trekking di leuwi hejo bogor

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Trekking di Leuwi Hejo Bogor

 

Jangan membawa banyak barang

Bawalah barang secukupnya meliputi perbekalan makanan, baju, handuk, kamera sebagai pengabadi momen, kaca mata, dan assesoris kecil lainnya. Hal ini bermanfaat agar pendaki tidak kepayahan saat menjalani pendakian.

 

Pilih jalur sesuai kemampuan

Spot ini memiliki banyak jalur trekking, ada yang hanya 1 km, 3-4 km, bahkan sampai 10 km dengan jarak tempuh bisa mencapai 8 jam. Tentu jika hal ini tidak diikuti oleh kondisi fisik yang prima akan membuat pendaki kesulitan dan malah justru membahayakan dirinya.

Jangan memaksakan diri karena trek terpendek pun bisa memberikan sensasi trekking yang memuaskan.

 

Bawa bekal yang cukup

Air minum sebagai perbekalan harus mencukupi selama trekking karena medan yang dihadapi kemungkinan berat sehingga membuat pendaki memerlukan tenaga tambahan.

Sekali pun ada warung, tetap saja air minum perbekalan diperlukan untuk berjaga-jaga bila dalam perjalanan  sebelum menemukan warung telah mengalami dehidrasi. Istirahat 5 menit untuk peregangan otot juga diperlukan.

 

Pakai alas kaki yang nyaman

Hal penting lainnya adalah penggunaan alas kaki yang nyaman. Usahakan menggunakan sepatu mendaki yang agak ringan dengan kulit sepatu tebal supaya tidak mudah sobek.

Kalaupun menggunakan sepatu sandal, pastikan agar tali sandal kuat untuk mendaki serta alas sandal agak tebal dan kasar karena trek licin bisa membahayakan diri jika menggunakan alas kaki berkontur lurus atau halus.

 

Bawa baju ganti dan handuk

Baju ganti diperlukan selepas berenang di Curug karena sayang bila melewatkan aktivitas ini. Adapun handuk bisa untuk mengusap keringat atau membersihkan badan seusai berada di kolam.

Posting Komentar untuk "Mau Trekking di Leuwi Hejo Bogor? Perhatikan 5 Hal Ini"