Mau ke Monas Pakai Kendaraan Umum? Ini Pilihannya

Cara ke Monas Pakai Kendaraan Umum - Pandemi global menuju penghujung era. Aktivitas masyarakat mulai cenderung normal meski pemerintah masih menetapkan PPKM level 1. Sektor pariwisata juga beranjak menggeliat kembali, tak terkecuali Monumen Nasional (Monas) yang merupakan landmark ibukota DKI Jakarta.

Sejak mulai dibuka tanggal 16 Juni 2022 lalu, Monas terus didatangi para wisatawan, tidak aneh memang sebab di sekitar Monas terdapat banyak spot menarik lainnya seperti Museum Nasional, Perpustakaan Nasional, Lapangan Banteng, dan lainnya termasuk kulineran.

Buat anda yang ingin pergi ke Monas menggunakan kendaraan umum, berikut sejumlah pilihan kendaraan umum yang bisa anda gunakan.

 


Cara ke Monas Pakai Kendaraan Umum

 

Transjakarta

Jika memutuskan untuk menggunakan TransJakarta, Anda bisa berangkat dari halte terdekat dari tempat tinggal. Selain banyak, armada bus juga cukup beragam karena banyak rute yang melewati halte Monas.

Pilihannya adalah bus Koridor 1 (Kota - Blok M), Koridor IA (PIK - Balai Kota), Koridor 6A atau 6B (Monas - Ragunan), atau Koridor 9B (Pinang Ranti - Kota). Semuanya turun di halte Monumen Nasional dan cukup berjalan kaki sekitar 400 meter menuju gerbang Monas. Biaya Transjakarta cukup murah yakni Rp 3.500 per orang.

 

MRT

Pilihan berikutnya, naik MRT. Anda dapat menaikinya dari stasiun pemberhentian manapun bahkan Lebak Bulus menuju Bundaran HI dimana merupakan ujung stasiun MRT. Besaran biaya tiket naik MRT tergantung stasiun keberangkatan dan kedatangan, yakni sekitar Rp 4.000 - Rp 11.000.

Jarak  dari halte MRT Bundaran HI ke Monas kurang dari 2 km dan bisa ditempuh dengan jalan kaki sekitar 25 menit. Sepanjang jalan, Anda dapat melihat pemandangan pencakar langit sekitar wilayah MH Thamrin serta kondisi lalu lintas di pusat kota.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan bus wisata tingkat gratis karena rute BW4 (IRTI Monas - PP) atau BW2 (Juanda Istiqlal - PP) melewati halte Bundaran HI. Anda dapat turun di halte IRTI Monas dan melanjutkan jalan kaki untuk menuju gerbang.

Bila berniat menggunakan ojek online, harga kisaran Rp 14.000 sudah cukup mengantarkan Anda menuju gerbang Monas.

 

KRL

Untuk ke Monas, transportasi lainnya yang perlu dicoba adalah naik KRL atau Commuter Line dan berhenti di Stasiun Gondangdia atau Stasiun Juanda. Jarak dari Gondangdia ke Monas tidak sampai 2 km.  Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan ojek online dengan tarif sekitar Rp 14.000. 

Bila memutuskan berjalan kaki ke Monas, pemberhentian paling dekat adalah Stasiun Juanda. Jaraknya kurang lebih 1,6 km dengan waktu tempuh sekitar 19 menit. Anda bisa menyusuri kota dengan menyaksikan keindahan di dalamnya.

 

Bus wisata

Bus tingkat wisata gratis ini hanya beroperasi ketika akhir pekan dan hari libur nasional Jam operasionalnya mulai pukul 10.00 - 18.00 WIB. Salah satu halte yang dilalui adalah Halte Bundaran HI.

Anda dapat menggunakan armada bus rute BW2 atau BW4 dimana rincian halte yang dilalui adalah sebagai berikut:

BW2 Jakarta Baru: Juanda Masjid Istiqlal - Monas 1 - Monas 2 - Monas 3 - IRTI Monas - Sarinah 1 - Wisma Nusantara - Plaza Indonesia - Sarinah 2 - Museum Nasional - Pecenongan -Juanda Masjid Istiqlal.

BW4 Pencakar Langit: IRTI Monas - Sarinah 1 - Wisma Nusantara - Bumi Putera - Karet 1 -Bendungan Hilir 1 - Gelora Bung Karno 1- Bundaran Senayan 1- FX Sudirman - Gelora Bung Karno 2 - Bendungan Hilir 2 - Karet 2 - Menara Astra - Dukuh Atas 2 - Tosari - Plaza Indonesia - Sarinah 2 - Museum Nasional - Monas 2 - Monas 3 - IRTI Monas.

  

Demikian ulasan mengenai macam-macam moda transportasi umum menuju Monas yang dapat dipilih unjuk ajang berlibur Anda. Semoga artikel ini dapat membantu anda.

Posting Komentar untuk "Mau ke Monas Pakai Kendaraan Umum? Ini Pilihannya"