Daftar Kelas Bus AKAP dan Fasilitasnya

Daftar Kelas Bus AKAP dan Fasilitasnya - Secara umum, bus memiliki kelas seperti Ekonomi, Bisnis, VIP, Eksekutif, dan yang terbaru ada Suites.

Khusus Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), di Indonesia saat ini semakin bervariasi modelnya. Perusahan otobus (PO) pun saling berlomba memberikan pelayanan terbaik.

Terlebih sekarang prasarana untuk transportasi darat semakin bagus, banyaknya jalan tol yang menghubungkan kota satu dengan yang lainya membuat moda transportasi bus semakin diminati masyarakat, tidak hanya untuk mudik atau pulang kampung tapi juga untuk pariwisata.

Untuk tahu lebih lanjut mengenai kelas bus AKAP yang ada saat ini, berikut deretan kelas bus AKAP yang terbaru beserta fasilitasnya.

 

Daftar Kelas Bus AKAP

Daftar Kelas Bus AKAP

 

Bus AKAP Kelas Ekonomi

Untuk kelas ekonomi, harga tiket jelas relatif murah dan tersedia pula pilihan AC atau non AC. Fasilitas yang diberikan juga tidak banyak, dengan ciri khasnya bisa terlihat dari susunan jok yang kanan tiga dan kiri dua (3-2).

 

Bus AKAP Kelas Bisnis

Selain ekonomi, ada pula kelas VIP atau bisnis. Namun tiap PO bus memiliki perbedaan dalam fasilitas penunjangnya, seperti misalnya ada yang menyediakan toilet hingga stop kontak untuk pengisian daya ponsel.

Susunan bangku kelas ini adalah 2-2 dengan jarak bangku cukup rapat. Jumlah stop kontaknya juga tidak banyak, biasanya terletak di bagasi yang ada di atas kepala penumpang.

 

Bus AKAP Kelas Eksekutif

Berikutnya adalah kelas eksekutif. Bentuk bangkunya lebih lebar dan nyaman, serta ada fasilitas dimana beberapa PO menyediakan leg rest yang dapat dijadikan tumpuan kaki selama perjalanan.

Fasilitas USB Port untuk mengisi daya ponsel cukup banyak yang terletak di bagian atas dekat kisi-kisi AC, tetapi ada juga yang tersedia di bangkunya.

Selanjutnya ada kelas super eksekutif dimana susunan bangku lebih longgar dan menggunakan konfigurasi 1-2 sehingga jelas memberikan kenyamanan lebih.

Bahkan beberapa PO menyediakan meja lipat di bangkunya sebagai penunjang pekerjaan selama dalam perjalanan atau hanya sekedar meletakkan barang bawaan.

Sejumlah PO ada yang memberikan fasilitas tambahan berupa sistem Audio Video On Demand (AVOD) di tiap bangku. Sejatinya sistem hiburan AVOD ini umum ditemui pada bus kelas eksekutif, seperti double decker Sinar Jaya, Agramas, maupun Lorena dan Karina.

 

Bus Akap Kelas Suite

Kelas paling mewah adalah sleeper seat atau suites class. Harga tiket berkisar 800 ribuan ke atas dan sudah termasuk makan gratis. Fasilitasnya adalah bangku yang bisa direbahkan 150 derajat plus sistem hiburan AVOD di tiap bangkunya.

Sayangnya untuk servis makan, beberapa PO bus memisahkannya berdasarkan kelas yang dinaiki penumpang.

Posting Komentar untuk "Daftar Kelas Bus AKAP dan Fasilitasnya"