Perhatikan 4 Hal Penting Ini, Sebelum Memesan Bus Pariwisata

Tips Memilih Bus Pariwisata yang Bagus dan Aman - Belakangan ini, kasus kecelakaan yang melibatkan bus pariwisata semakin banyak terjadi. Rem blong menjadi penyebab utama selain sopir yang mengantuk.

Padahal, armada ini adalah pilihan utama saat berekreasi dengan banyak orang. Selain karena harganya yang murah, liburan menggunakan bus pariwisata juga nyaman karena langsung diantar sampai destinasi tujuan.

Lantas, bagaimana memilih bus pariwisata yang memberikan rasa aman, nyaman, dan efisiensi waktu? Berikut akan dishare tipsnya.

 

Tips Memilih Bus Pariwisata yang Bagus

Tips Memilih Bus Pariwisata yang Bagus dan Aman

 

Cek ulasan pengguna

Pertama, pastikan PO bus pariwisata tersebut jelas badan hukumnya. Anda bisa cek melalui Google. Selain itu, anda juga bisa cek testimoni orang orang yang sudah menggunakan bus pariwisata yang ingin anda pesan.

 

Cek lebih mendalam melalui Spionam

Untuk lebih mendalamai informasi, anda bisa berkunjung ke Spionam Kementerian Perhubungan.

Spionam adalah aplikasi online mengenai sistem perizinan online Angkutan Darat dan Multimoda. Nanti akan terlihat apakah operator bus pariwisata  pilihan Anda telah berizin untuk menyelenggarakan atau tidak. 

PO yang terdaftar berkewajiban menjalankan SPM, SMK, dan pengujian kelaikan kendaraan secara rutin per enam bulan serta membayar iuran wajib Jasa Raharja guna perlindungan ke penumpang bus sebagai pengguna jasa transportasi.

Cara mengecek via Spionam adalah dengan memasukkan pelat nomor salah satu bus PO tersebut. Jika keluar tulisan data tidak ditemukan, maka PO tidak terdaftar di Spionam.

 

Diberi sarana untuk menyampaikan keluhan

Berikutnya, calon penyewa harus tahu layanan terkait penyampaian keluhan atau komplain saat naik bus tersebut. Hal ini semata-mata agar ada tanggung jawab dari perusahaan ketika terjadi hal yang tidak sesuai atau semestinya.

Contohnya, banyak angkutan berplat kuning namun tidak terdaftar di Spionam bahkan pajak STNK dan KIR-nya pun mati. Jika kendaraan terdaftar di Spionam, terpampang jelas nama perusahaannya, masa berlaku uji, sampai jenis sasis dan merek dari bus tersebut.

Lainnya, tidak jarang ada sopir yang ugal-ugalan dan acuh terhadap lampu lalu lintas. Tentu prosedur berlalu lintas yang baik menjadi hal wajib bagi calon penyewa bus pariwisata untuk dipertimbangkan.

 

Jangan mudah tergoda dengan harga murah

Jangan cepat tergoda dengan harga murah yang sering kali ditawarkan oleh pihak PO. Harga sewa bus pariwisata yang murah belum tentu sesuai dengan spesifikasi yang anda inginkan.

Ada baiknya jika anda bertanya secara detail mengenai paket yang ada, mulai dari kapasitas, fasiltas sampai rute yang akan dipilih oleh supir.

Posting Komentar untuk "Perhatikan 4 Hal Penting Ini, Sebelum Memesan Bus Pariwisata"