5 Tips Agar Paspor Tidak Hilang atau Rusak Saat Traveling

5 Tips Agar Paspor Tidak Hilang atau Rusak Saat Traveling - Saat hendak bepergian ke luar negeri, paspor termasuk salah satu dokumen yang perlu untuk dibawa. Karena fungsi yang begitu penting, seharusnya paspor dijaga dengan baik dan tidak disimpan sembarangan.

Bagi anda yang hendak bepergian ke luar negeri, sebaiknya ikuti 5 tips yang bisa dilakukan untuk menjaga paspor tetap aman dan tidak tercecer saat asik bertraveling.

5 Tips Agar Paspor Tidak Hilang atau Rusak Saat Traveling


Buat Salinan atau Fotokopi Paspor

Sebelum berangkat, sebaiknya anda memperbanyak fotokopi paspor terlebih dahulu. Salin halaman yang berisi foto dan nama lengkap anda yang tertera di paspor dan letakkan di beberapa tempat yang terpisah.

Dalam hal ini Anda bisa memberikannya kepada keluarga dan teman dekat Anda masing-masing sebanyak satu salinan.  Jangan lupa untuk meninggalkan salinan paspor tersebut beserta kontak darurat yang bisa dihubungi.

Bila perlu, siapkan juga beberapa pas foto untuk ukuran paspor, sekedar untuk berjaga-jaga jangan sampai Anda mesti mengurus paspor baru.


Jangan Lupa Kunci Tas

Jika anda meletakkan paspor di dalam tas, pastikan dengan seksama apakah tas tersebut selalu dalam keadaan terkunci dan diletakkan di tempat yang aman. Manfaatkan brankas penyimpanan yang disediakan di dalam kamar hotel tempat anda menginap.

Jika tidak terdapat brankas di dalamnya, sebaiknya anda mengunci tas dan meletakkannya di tempat yang tidak mudah ditemukan. Bila perlu, bawa tas tersebut bersama anda saat keluar dengan tetap membiarkannya dalam keadaan terkunci.


Simpan Di Tempat Tersembunyi

Selain mengunci paspor di dalam brankas atau di dalam tas, anda juga bisa memanfaatkan bagian-bagian yang tersembunyi di dalam koper untuk menyimpan paspor anda. Selain itu, tas pinggang kecil atau dompet kecil yang mudah disembunyikan di dalam baju juga bisa menjadi alternatif penyimpanan yang baik dan tersembunyi untuk meyimpan paspor.

Oh ya, satu hal yang harus diingat bahwa jangan pernah anda mengeluarkan paspor bersamaan dengan uang tunai dalam keadaan apapun. Sebab, hal tersebut bisa mengundang minat pencuri untuk berbuat kejahatan kepada anda.


Melindungi Paspor Dari Kerusakan

Meskipun anda harus berupaya menjaga agar paspor tidak sampai hilang atau tercecer, bukan berarti anda tidak perlu menjaganya dari kerusakan. Bahkan, menjaga agar paspor tidak rusak juga tidak kalah penting dari menjaga paspor agar tidak hilang atau tercecer.

 Itulah sebabnya kenapa anda harus menjaga paspor dari kelembaban yang bisa merusaknya. Agar paspor anda tidak rusak terkena air, sebaiknya simpan paspor dengan cover waterproof atau kedap air. Jika terjadi kerusakan pada paspor anda saat travelling ke luar negri, sebaiknsegera datang ke Kedutaan Besar atau Konsulat terdekat untuk kebutuhan  paspor pengganti.


Kenali Hak yang Anda Miliki

Paspor merupakan dokumen penting yang harus anda perlihatkan saat akan melewati pemeriksaan keamanan dan imigrasi bandara. Jika anda tidak bisa menunjukkannya, otomatis pihak bandara  tidak akan membiarkan anda masuk.

Hanya perlu diingat, bahwa dalam beberapa kasus internasional, saat anda diperintahkan untuk menunjukkan identitas, maka perhatikan dengan cermat apakah hal tersebut memang bisa membantu dan melindungi paspor dari kecurian atau tidak.



Masukan email untuk update info :

Related Posts

Post a Comment