Mau Pengajuan Visa Korea Selatan-nya Cepat Diterima? Ikuti 7 Langkah Ini

Mau Pengajuan Visa Korea Selatan-nya Cepat Diterima? Ikuti 7 Langkah Ini - Jika anda ingin melakukan perjalan ke Korea Selatan, baik untuk urusan pekerjaan, kegiatan belajar, maupun sekedar untuk berlibur, anda wajib untuk mengurus visa.

Bisa dipastikan anda tidak akan mungkin bisa menjelajahi Korea Selatan tanpa memiliki visa. Akhirnya, perjalanan anda bakal sia-sia bukan?

Hanya saja sebagian orang masih bingung dan tidak mengetahui cara mengurus visa Korea Selatan. Barangkali anda juga termasuk salah satu dari mereka. Oleh karena itu, semoga artikel ini bisa membantu anda untuk mengetahui cara yang benar dalam mengurus visa Korea Selatan.

Langkah Ajukan Visa Korea Selatan

Langkah Ajukan Visa Korea Selatan


Cari Lokasi Mengurus Visa

Per tanggal 2 Mei 2019, lokasi mengurus visa Korea Selatan bukan lagi di Kedutaan Besar Republik Korea Selatan. Lokasi pengurusan visa dipindahkan ke Korea Visa Application Center (KVAC) yang terletak di lantai 5, Mall Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta.

Untuk mempermudah orang-orang yang ingin mengurus visa Korea Selatan, pihak KVAC menyediakan 12 loket untuk melayani permintaan mengajukan visa. Waktu layanan dimulai pada pukul 09.00 hingga 15.00 WIB.


Pilih Jenis Visa

Saat hendak membuat visa Korea Selatan, anda harus memilih jenis visa yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan perjalananmu. Dalam hal ini ada 4 jenis visa yang bisa anda pilih, yaitu :

- Single Visa, yang diberikan untuk kunjungan di bawah 90 hari. Biaya pembuatan visa ini sebesar Rp 560.000.
- Single Visa Khusus, yang diberikan untuk kunjungan di atas 90 hari. Biaya pembuatan visa ini sebesar Rp 840.000.
- Double Visa, yang diberikan untuk kunjungan sebanyak 2x dan berlaku hingga 6 bulan. Biaya pembuatan visa ini sebesar Rp 980.000. 
- Multiple Visa, yang diberikan untuk kunjungan berkali-kali dengan masa berlaku selama 5 tahun. Biaya pembuatan visa ini sebesar Rp1.260.000.


Lengkapi Berkas Dokumen yang Siperlukan

Agar pengajuan visa Korea Selatan anda bisa diterima, pastikan anda sudah melengkapi berbagai persyaratan dokumen yang harus terpenuhi. Berikut ini berkas-berkas yang harus anda lengkapi saat mengajukan permintaan visa :

Mengunduh formulir pendaftaran dengan foto yang sudah ditempel. (Foto ukuran 35mm x 45mm dengan background putih). Bawa lah cadangan foto untuk antisipasi.

- Paspor Asli dan Fotokopi Paspor
- Kartu Keluarga
- Surat Keterangan Kerja dan Fotokopi SIUP Tempat Bekerja
- Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar jika masih sekolah
- Fotokopi Bukti Keuangan, baik berupa SPT PPh 21 atau Rekening Koran untuk 3 bulan terakhir, serta Surat Referensi Bank
- Pelajar atau mahasiswa wajib melampirkan surat keterangan dan bukti keuangan orang tua.
- Ibu rumah tangga wajib melampirkan bukti keuangan suami dan keluarga.
- Jika ingin membawa Asisten Rumah Tangga, Surat Sponsor dari Employer berupa Surat Keterangan Kerja dan Kartu Keluarga wajib dilampirkan


Mengisi Formulir Pendaftaran Secara Lengkap

Jika semua persyaratan di atas sudah anda penuhi, selanjutnya anda wajib mengisi formulir pendaftaran yang sudah diunduh. Ingat, jangan sampai anda mengisinya asal-asalan dan tidak lengkap. Anda wajib untuk mengisinya dengan benar dan lengkap agar pengajuan visa anda diterima.


Pembayaran

Selanjutnya anda harus membayar biaya visa yang sudah anda pilih. Sebab, saat anda membayar biaya visa yang dipilih, anda akan mendapatkan materai untuk ditempel di formulir aplikasi. Setelah  itu anda akan diberikan materai dan diarahkan menuju tempat pendaftaran visa.

Oh ya, jangan lupa siapkan identitas diri anda seperti KTP untuk pengecekan awal. Setelah pengambilan nomor antrian, anda tinggal menunggu untuk dipanggil.


Cek Status Visa Secara Online

Setelah anda selesai mengajukan permintaan visa, anda tinggal menunggu apakah permintaan visa anda diterima atau tidak. Anda juga bisa melakukan pengecekan secara online melalui website https://www.visa.go.kr/ dan melakukan pengisian menu yang dibutuhkan untuk mendapatkan informasi yang anda cari. 

Nantinya anda akan mendapatkan informasi status visa Korea Selatan yang anda ajukan, apakah under review, approved, atau rejected.

.
Pengambilan Paspor dan Visa

Waktu pengambilan paspor dan visa dimulai pada pukul 10.00 hingga 16.00 WIB. Saat hendak mengambil paspor dan visa, pastikan anda tidak lupa membawa tanda terima yang diberikan kepada anda saat proses pengajuan aplikasi pendaftaran.

Posting Komentar untuk "Mau Pengajuan Visa Korea Selatan-nya Cepat Diterima? Ikuti 7 Langkah Ini"