Tips Terhindar dari Penipuan saat Liburan ke Luar Negeri

Tips Terhindar dari Penipuan saat Liburan ke Luar Negeri - Liburan dapat dilakukan kapan saja tatkala waktu luang telah ada. Waktu luang ini kemudian dimanfaatkan sebaik mungkin agar dapat mengerjakan hal-hal yang disenangi, namun dalam hal ini tetap harus diperhatikan segi manfaatnya. Jangan sampai liburan yang dilakukan hanya menyia-nyiakan waktu dan dana saja tanpa adanya hal yang bermanfaat bahkan bisa jadi merugikan.

Liburan dapat dilakukan di mana saja, termasuk liburan ke luar negeri yang menjadi salah satu pilihan bagi seseorang memiliki kemampuan dari segi financial. Liburan ke luar negeri memerlukan persiapan yang matang serta perlu memperhatikan beberapa hal agar betul-betul menyenangkan dan terhindar dari berbagai bentuk penipuan.

Untuk membantu anda, di bawah ini akan dishare tips jitu yang bisa anda lakukan agar terhindar dari penipuan saat berlibur ke luar negeri.

Tips Terhindar dari Penipuan saat Liburan ke Luar Negeri


Cek reputasi biro wisata yang akan digunakan

Lakukan pengecekan dengan seksama seputar reputasi biro perjalanan wisata yang akan digunakan. Untuk menghindari penipuan, sebaiknya mintalah rekomendasi biro perjalanan wisata yang terpercaya dari teman atau kerabat terdekat. Lebih baik lagi jika pernah mereka menggunakannya. Apabila tidak menemukan rekomedasi maka pertanyakanlah secara detail kepada orang yang menawarkan kepada anda.


Cek kembali tiket yang sudah dipesan

Tiket yang sudah dipesan sebaiknya dicek kembali. Usahakan pembelian tiketnya melalui agen atau penjualan resmi. Sebaiknya anda menghindari pembelian melalui calo karena harga yang dijual lebih mahal, bahkan yang dijual bisa saja tiket palsu.


Bawa uang tunai secukupnya

Agat pengeluaran anda tidak membengkak dalam perjalanan wisata ke luar negeri, sebaiknya anda jangan membawa uang tunai dalam jumlah yang sangat banyak, secukupnya saja.

Hal ini guna menghindari penggunaan dana yang tidak direncanakan sebelumnya dan meminimalisir jumlah uang yang hilang bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


Tukarlah uang ditempat yang terpercaya

Sebaiknya anda membawa uang dalam bentuk dollar saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Saat tiba di tempat tujuan, anda bisa melakukan pertukaran uang dollar tersebut ke mata uang negara setempat melalui money charger di negara tersebut.

Hindarilah money charger abal-abal alias palsu yang bisa menipu anda dan membuat anda mengalami kerugian yang besar, dengan hanya melakukan pertukaran mata uang melalui money charger yang resmi dan terpercaya.


Pilih hotel yang memiliki reputasi tinggi
Sebaiknya anda hanya menginap di hotel atau penginapan yang yang memiliki reputasi bagus. Jangan hanya percaya pada foto yang ditampilkan, tetapi lakukan pengecekan kembali dengan seksama. Apabila ada rekomendasi dari teman atau kerabat maka itu lebih baik jika memang ia dapat dipercaya.


Jangan mudah percaya pada orang asing

Mendapatkan teman seperjalanan memang terasa asik dan seru. Tapi jangan sampai anda mudah percaya dengan orang asing yang baru anda temui. Bersikap ramah dan siap menjalin persahabatan merupakan hal yang baik, asalkan tidak melepaskan kewaspadaan anda.

Saat kenalan baru anda mengajak untuk mendatangi tempat-tempat tertentu, apalagi ke tempat-tempat yang terlihat sepi dan mencurigakan maka berlaku waspadalah dan tolak ajakan tersebut.


Kenali tarif rata-rata mobil sewaan pada destinasi tujuan

Sebaiknya anda betul-betul mengenali tarif rata-rata penyewaan kendaraan baik berupa motor atau mobil pada destinasi yang dituju. Jika tidak, jangan terlalu kentara bahwa anda tidak tahu, karena tidak sedikit sewa mobil yang berupaya dinaikkan dari harga rata-ratanya jika pihak pemilik mobil mengetahui bahwa kita sama sekali tidak mengetahui tarif standarnya. Jika anda merasa tarifnya terlalu mahal, maka lakukanlah pengecekan dan perbandingan sewa dengan jasa lainnya.


Jangan mudah tergoda dengan iming-iming diskon atau promo

Saat  di luar negeri, terkadang banyak barang-barang menarik yang mengundang minat anda untuk membelinya. Dalam rangka menarik minat pelanggan, toko atau penjual barang tersebut memberikan iming-iming diskon atau promo. Jangan mudah percaya, lakukan pengecekan dengan seksama terlebih dahulu terkait dengan diskon dan promo yang ditawarkan.



Masukan email untuk update info :

Related Posts

Post a Comment