Biar Nyaman, Begini Caranya Agar Tidak Mendapat Kursi Kereta yang Mundur

Cara Memilih Kursi Kereta Agar Tidak Mundur – Saat ini perjalanan menggunakan kereta api sudah jauh lebih baik dibandingkan tahun tahun sebelumnya. Hal ini tidak lepas dari upaya PT KAI yang terus membenahi semua fasilitas dari stasiun sampai di dalam kereta.

 

Tidak aneh jika banyak traveler, khususnya yang ingin liburan murah lebih memilih moda transportasi ini dibandingkan moda transportasi darat lainnya.

 

Namun begitu, tetap ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum memesan tiket kereta api, salah satunya soal posisi tempat duduk di dalam kereta.

 

Sebab jika anda salah memilihnya, kenyamanan perjalanan anda selama di kereta bisa berkurang.

 

Berikut tips cara memilih tempat duduk di kereta yang bisa memberikan kenyaman buat anda.

 

Cara Memilih Kursi Kereta Agar Tidak Mundur

Tips Memilih Tempat Duduk di Kereta

 

Pesan secara online

 

Memesan tiket kereta secara online memiliki banyak kelebihan, salah satunya anda bisa menentukan posisi tempat duduk di kereta yang anda inginkan.

 

Untuk memesan tiket kereta secara online, anda bisa menggunakan KAI Access atau aplikasi lainnya yang sudah menjadi channel resmi penjualan tiket.

 

Sebagai info tambahan, setiap gerbong kereta memliki kelas dan sub kelasnya. Ada baiknya jika anda juga memperhatikan kelas dan sub kelas kereta sebelum memesan tiket.

 

 

Tentukan kebutuhan anda

 

Saat memilih tempat duduk, pastikan sesuai dengan kebutuhan anda. Jika anda memesan tiket kereta untuk anak, pastikan tempat duduk yang dipilih cukup nyaman untuk mereka.

 

Posisi yang biasa dirokemendasikan biasanya di tengah, yaitu 6ABCD atau 7ABCD. Sebab di posisi ini suhu AC tergolong nyaman.

 

Namun jika anda lebih memilih suhu yang lebih dingin, bisa memilih posisi di ujung depan atau belakang kereta. Di posisi ini blower AC lebih terasa.

 

 

Duduk di pinggir jendela atau gerbong belakang

 

Untuk anda yang tidak mau melewatkan setiap view pemandangan selama di dalam kereta, sebaiknya pilih posisi tempat duduk di samping jendela. Atau anda bisa juga memilih gerbong paling belakang.

 

Dengan memilih gerbong paling belakang, anda bisa lihat pemandangan gerbong gereta saat berjalan di tikungan.

 

 

Sesuaikan dengan barang bawaan

 

Meskipun setiap tempat duduk sudah diberikan ruang bagasi sendiri sendiri, namun ada tempat duduk dengan ruang bagasi yang tidak terlalu besar.

 

Jika anda berencana membawa barang bawan yang cukup banyak, sebaiknya hindari posisi duduk tersebut, yaitu 1-4 ABCD dan 19-22 ABCD.

 

 

Kursi sendiri paling ujung

 

Di setiap gerbong, khususnya yang kelas eksekutif biasanya memiliki kursi sendiri di setiap ujungnya. Lebih enak memang, namun perlu diketahui posisi duduk tersebut untuk prioritas. Jadi bisa saja anda minta untuk dipindah jika ada penumpang lain yang berkebutuhan khusus.

 

 

Dekat dengan restorasi

 

Jika anda tidak mau repot bawa makanan dari luar, anda bisa memilih posisi tempat duduk yang dekat dengan restorasi. Selain cepat, anda juga tidak perlu menunggu pramugara atau pramugari lewat untuk memesan makanan di kereta.

 

 

Tidak jauh dari pintu keluar

 

Posisi tempat duduk yang tidak terlalu jauh dari pintu keluar, baik itu pintu keluar di kereta maupun di stasiun biasanya cocok untuk penumpang yang membawa keluarga dan barang bawaan yang banyak.

 

 

Hindari bordes dan toilet

 

Jika perjalanan anda termasuk yang lama, sebaiknya hindari posisi tempat duduk yang dekat dengan bordes atau sambungan gerbong dan toilet, sebab akan membuat anda tidak nyaman.

 

 

Pilih posisi duduk sesuai laju kereta

 

Dari sekian tips yang sudah ditulis mungkin ini yang paling diperhatikan oleh para penumpang kereta api. Memilih kursi kereta api yang tidak mundur.

 

Memang belum ada “rumusan” yang pasti untuk mendapatkan posisi duduk yang sesuai dengan laju kereta, khsusunya untuk kelas ekonomi dan bisnis. Sebab formasi tempat duduk di kedua kelas tersebut saling berhadapan, berbeda dengan kelas eksekutif.

 

Lalu bagaimana cara mendapat posisi tempat duduk di  kereta agar tidak mundur ?

 

Pertama, jangan pergi sendiri. Dengan bepergian bersama teman atau keluarga, anda bisa bergantian tempat jika ternyata anda mendapatkan posisi yang tidak nyaman.

 

Jika anda sendirian, sebaiknya pilih posisi tempat duduk di tengah. Meskipun tidak pasti mendapatkan tempat duduk yang searah, namun anda bisa mendapatkan keuntungan seperti sedikit guncangan dan sedikit lebih lega untuk kaki.

 

Cara lainnya untuk mendapatkan posisi tempat duduk di kereta agar tidak mundur adalah pilih angka ganjil atau genap sesuai arah perjalanan.

 

Ini bukan “rumus” pasti tapi bisa dicoba. Jadi jika perjalanan kereta anda ke arah timur, sebaiknya anda pilih kursi dengan angka ganjil. Sebaliknya, jika arah perjalanan kereta anda ke barat, pilih kursi dengan angka genap.

 

Itulah tips dalam memilih tempat duduk di kereta, semoga bermanfaat dan bisa menambah kenyamanan anda selama perjalanan. 

Posting Komentar untuk "Biar Nyaman, Begini Caranya Agar Tidak Mendapat Kursi Kereta yang Mundur"