Mau Liburan Sama Anak Aman dari Covid ? Begini Caranya

Tips Liburan Aman Bersama Anak di Masa Pandemi – Liburan bersama keluarga tentu lebih menyenangkan bila dibandingkan dengan liburan sendiri, atau yang lebih dikenal dengan solo traveling.

 

Namun wabah penyakit menular Covid-19 yang hingga kini belum ada kepastian kapan selesainya, menyisakan kekhawatiran tersendiri terutama bagi para orang tua yang ingin mengajak anaknya untuk liburan.

 

Berdiam diri di rumah tentu membuat mereka bosan sehingga alternatif lain adalah staycation di hotel murah, rumah nenek, dan sebagainya.

 

Hingga saat ini, vaksinasi terhadap anak usia di bawah 12 tahun belum dimulai sehingga bepergian ke ke mal, outbound, camping, glamping, dan semisalnya juga mesti merujuk pada peraturan dari pemerintah demi pencegahan tertular dari virus.

 

Nah, berikut ini beberapa tips agar liburan bersama anak-anak bisa aman dari potensi penularan covid-19

 

Tips Liburan Aman Bersama Anak di Masa Pandemi

Tips Liburan dengan Anak Agar Tidak Tertular Covid

 

Pahami Besaran Risiko Tertular

 

Faktanya, imun anak lebih tinggi dari orang tua dan potensi tertularnya anak akan virus covid-19 sangat rendah. Penyakit berat sebagai penyerta Covid pun kecil kemungkinannya dialami oleh anak. Namun jangan mengecilkan risiko penularan kepada orang lain terlebih bila mereka belum divaksinasi.

 

 

Selektif Menentukan Moda Transportasi

 

Pertimbangkan moda transportasi yang digunakan. Jika memilih jalur darat, menggunakan mobil pribadi tentu lebih aman dibanding menaiki bus. Kalaupun bus dianggap lebih nyaman karena pertimbangan jarak tempuh yang jauh, maka hendaknya memilih bus yang tempat duduknya mengikuti standar protokol kesehatan, yakni berjarak dan seluruh penumpang menggunakan masker.

 

Untuk kasus penularan virus dalam moda transportasi penerbangan sendiri masih belum ditemukan.

 

 

Cari Tahu Potensi Wabah di Destinasi

 

Perlu mencari informasi terkait keadaan destinasi yang dituju berupa zona amankah (hijau) atau dalam taraf waspada (kuning). Caranya adalah dengan memperhatikan persentasi vaksinasi pada wilayah destinasi dan jumlah kasus positifnya.

 

 

Ruang Lingkup Lingkungan

 

Di lingkungan sekitar destinasi pastinya akan ada interaksi dengan orang asing. Maka untuk hal yang tak terhindarkan ini, perlu bagi anda untuk membawa hand sanitizer dan tetap menggunakan masker.

 

Usahakan untuk tidak berada pada situasi yang padat manusia pada waktu yang lama guna meminimalisir risiko penularan virus.

 

 

Jenis Kegiatan

 

Ada baiknya kegiatan yang dilakukan hanyalah liburan keluarga dan bukan berupa pertemuan orang-orang perusahaan, festival musik, dan semisalnya karena berinteraksi dengan orang asing akan meningkatkan potensi penularan virus.

 

 

Upaya Menurunkan Risiko Penularan

 

Inti dari poin ini adalah protokol kesehatan yang dijalankan secara maksimal. Hal yang tidak bisa dihindari adalah interaksi dengan orang asing maka disarankan untuk tidak berlama-lama dan jangan melepas masker.

 

 

Demikian cara menyiasati liburan keluarga bersama anak-anak dengan aman dan saran kami adalah ikuti protokol kesehatan yang telah dicanangkan pemerintah secara konsisten guna berkontribusi terhadap pencegahan penularan wabah covid-19.

Posting Komentar untuk "Mau Liburan Sama Anak Aman dari Covid ? Begini Caranya"