Tips Liburan Menggunakan Agen Travel yang Tepat

Tips Liburan Menggunakan Agen Travel yang Tepat - Memakai jasa agen travel untuk perjalanan liburan adalah opsi menarik agar liburan keluarga berakhir menyenangkan. Harga murah memang hal utama mengingat isi dompet yang tidak terlalu tebal. Namun, jangan terlena karenanya. Tak ada jaminan liburan murah bakal membuat liburan terasa nikmat.

Maka tak ada salahnya menggunakan agen travel wisata agar jadwal liburan anda matang terencana. Tidak perlu pusing memikirkan jenis akomodasi dan waktu berangkat ke destiniasi tujuan, semuanya sudah disusun dengan rapi oleh agen travel. Berikut pembahasannya:

 

Tips Liburan Menggunakan Agen Travel yang Tepat

Tips Liburan Menggunakan Agen Travel yang Tepat

           

Waspada dengan laman websitenya

Dulu website berbayar menjadi jaminan bahwa agen travel tersebut dapat dipercaya. Namun, kondisi tersebut tidak serta menjadi alasan untuk lekas menaruh kepercayaan kepada mereka guna menyusun jadwal dan keperluan perjalanan kita.

Alasannya biaya kepemilikan atas domain .com dan .co.id, misalnya, terbilang murah pertahun. Maka perlu waspada dan mungkin perlu konfirmasi kepada customer service terkait keabsahan info di laman mereka.

 

Cek akun medsos

Langkah kedua adalah mengecek informasi dalam akun media sosial agen travel. Apakah sesuai dengan informasi paket perjalanan di laman mereka atau tidak? Berikutnya, perhatikan diskusi antara agen travel dengan calon pengguna atau followernya. Jika interaksi berjalan baik, maka bisa dianggap bahwa agen travel itu amanah dan tidak bermasalah.

 

Periksa akreditasi

Verifikasi apakah agen perjalanan tersebut diakreditasi oleh asosiasi atau organisasi industri. Akreditasi menunjukkan bahwa mereka mematuhi standar kualitas tertentu dan etika profesional.

 

Keberadaan kantor

Ini penting mengingat ada perusahaan yang tidak memiliki kantor offline. Bukan berarti perusahaan online tidak bisa dipercaya, melainkan keberadaan kantor ini menambah kepercayaan calon konsumen karena mereka bisa bertanya mengenai paket perjalanan yang tersedia dan untuk mengajukan komplain atau keluhan bila memang ada.

 

Perhatikan testimoni

Inilah pentingnya memiliki beberapa akun media sosial. Salah satunya untuk mengetahui testimoni pelanggan atau konsumen yang telah memakai jasa agen travel tersebut. Testimoni positif menambah kepercayaan diri untuk melimpahkan jadwal dan susunan acara perjalanan kepada agen travel.

 

Mencari rekomendasi

Tanyakan kepada teman, keluarga, atau kenalan yang pernah menggunakan jasa agen perjalanan tentang rekomendasinya. Mendengar pengalaman pribadi mereka dapat membantu Anda membuat keputusan yang bijaksana.

 

Periksa ketersediaan kebutuhan perjalanan

Perjalanan liburan bersama keluarga lebih rumit bila dibandingkan hanya dengan pasangan. Semakin banyak orang yang dibawa, semakin rumit pula aktivitas perjalanan. Maka ketika sudah memilih agen travel yang dapat dipercaya, segera diskusi dengan mereka terkait kebutuhan apa saja yang diperlukan keluarga selama perjalanan nantinya.

Pastikan semua kebutuhan telah dipenuhi dengan menggunakan paket full boarg, misalnya. Dengan paket ini, tiket perjalanan, akomodasi, konsumsi, tour guide, dan transportasi telah disusun dan dihandle oleh pihak agen travel.

 

Pemilihan penginapan

Cek lagi tempat penginapan yang telah ditawarkan, apakah telah cocok dengan anda dan keluarga? Bagaimana kondisi penginapan, apakah lokasinya curam dan terjal, apakah ada lift atau hanya tersedia tangga saja? Tentu dengan membawa orang tua yang sudah lanjut dan adank-anak kecil yang masih aktif bermain, kondisi ini perlu mendapat perhatian serius.

 

Lihat kembali rencana perjalanan

Rencana perjalanan atau istilah kerennya itenenary adalah hal yang penting untuk menentukan kadar liburan, apakah menyenangkan atau malah zonk. Diskusikan dengan pihak agen travel mengenai jam dan lokasi wisata, adakah jadwal yang terlalu mepet antar destinasi.

Kemudian pastikan pula destinasi tersebut sesuai dengan keinginan pasangan atau anak-anak. Bila ini adala perjalana wisata keluarga, maka destinasi bertema taman, kebun binatang, permainan keluarga, dan wahana air bisa menjadi solusi. Jadi tak perlulah berpetualang ke rumah hantu dan teman-temannya.

Posting Komentar untuk "Tips Liburan Menggunakan Agen Travel yang Tepat"