7 Tips Buat Rencana Travelling

Tips Membuat Rencana Perjalanan - Rencana perjalanan atau itinerary adalah daftar kegiatan ketika akan bepergian yang mencakup daftar destinasi tujuan, jadwal kegiatan harian, transportasi, akomodasi, konsumsi, hingga keperluan lainnya seperti belanja oleh-oleh.

Intinya, menyusun itinerary akan mempermudah kita dalam melakukan perjalanan, terutama yang ingin solo travelling.

Keuntungannya adalah bisa efektif dalam menyelesaikan kegiatan, menghemat waktu, dan meminimalisir ongkos.

Berikut ini akan dishare rips membuat itinerary yang baik agar kegiatan perjalanan menjadi terencana dan mengirit budget.

 

7 Tips Buat Rencana Travelling

Tips Membuat Itinerary Agar Travelling Jadi Nyaman

 

Destinasi yang menjadi prioritas

Penentuan destinasi merupakan hal pertama yang patut diperhatikan. Menelaah situs-situs yang menyajikan keadaan beberapa spot tujuan seperti keamanan, kenyamanan, dan kemudahan transportasi adalah pilihan terbaik.

Banyaknya pilihan membuat anda harus menentukan skala prioritas destinasi yang sangat ingin dikunjungi. Usahakan jangan terlalu banyak karena akan memenuhi itinerary sehingga dikhawatirkan bahwa destinasi yang sebenarnya lebih menarik justru terlewatkan karena banyaknya spot yang ingin dikunjungi.

 

Riset transportasi dan waktu perjalanan

Riset dibutuhkan untuk mengelola budget transportasi dan waktu tempuh yang akan dilalui. Perlu pertimbangan naik moda transportasi umum atau menyewa kendaraan sehingga waktu perjalanan bisa menjadi ringkas dengan biaya terjangkau.

Kalau pun harus menyewa, carilah rental yang bisa dipercaya dan menawarkan harga murah.

Jika anda pergi berkelompok, pastikan moda transportasi yang digunakan nyaman dan harganya terjangkau

 

Meminta Saran

Jangan terlalu idealis untuk mengambil keputusan sendiri. Cobalah untuk meminta saran atau masukan kepada yang sering melakukan perjalanan, entah terkait dengan penginapan, moda transportasi yang akan digunakan, destinasi manakah yang terbaik, peralatan apa saja yang perlu dibawa, dan sebagainya.

Terkadang, masukan-masukan dari mereka merupakan hal baru bagi anda sehingga tak ada salahnya untuk bertanya agar kunjungan anda tidak mendapatkan hambatan berarti.

 

Mencari waktu terbaik

Terkadang sebuah destinasi memiliki parade kebudayaan atau pesta musiman, cuaca yang bersahabat dan kadang sebaliknya.

Maka perhatikan waktu kunjungan, jangan sampai momen terbaik menjadi terlewatkan oleh acuhnya anda akan hal ini.

 

Tentukan Akomodasi

Merencanakan akomodasi juga merupakan prioritas karena anda harus menentukan di mana akan menginap. Jika destinasi pilihan anda menawarkan panorama sunrise atau sunset, ada baiknya mencari penginapan di gunung atau dekat pantai.

Sekali lagi, menentukan lokasi penginapan harus berdasarkan riset agar perjalanan anda nyaman, tidak ada gangguan, dan jarak tempuh ke destinasi pilihan cukup dekat, bahkan kalau bisa, dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

 

Cek Status Pandemi Covid-19

Terkait hal ini, bisa dicek ke situs-situs pemerintah yang menyajikan perkembangan informasi terkait keadaan di destinasi pilihan.

Keamanan diri tentu hal yang paling utama. Selain itu, pastikan bahwa anda telah menyiapkan masker, handsanitizer, dan obat-obatan untuk menunjang kesehatan.

 

Memiliki rencana cadangan

Rencana cadangan disusun sebagai tindak lanjut bila ada destinasi yang ternyata ditutup karena suatu hal ketika anda sudah berada di lokasi. Oleh sebab itu, anda juga harus melakukan riset lokasi destinasi cadangan, meskipun makan waktu lebih banyak lagi.

 

Demikian tips dalam menyususn rencana perjalan agar kunjungan anda menjadi efektif dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "7 Tips Buat Rencana Travelling"