7 Tips Agar Uang Hemat Saat Traveling

Tips Agar Uang Hemat Saat Traveling - Traveling atau melakukan perjalanan makin banyak diminati kawula muda. Tren positif ini boleh jadi mengikuti jejak orang tua, sahabat, atau idola mereka yang sebelumnya melakukannya.

Umumnya, budget yang disediakan cukup minim sehingga perlu menghemat biaya selama perjalanan.

Berikut ini akan dishare deretan tips berhemat saat traveling untuk semua kalangan, tak hanya generasi muda kekinian.

 

7 Tips Agar Uang Hemat Saat Traveling

Tips Berhemat Saat Traveling

 

Buat rencana yang matang

Membuat rencana sebelum travelling akan membuat pengeluaran anda lebih efektif dan efisien. Untuk cara membuatnya, anda bisa lihat di 7 Tips Buat Rencana Travelling

 

Masak sendiri dan perbanyak porsinya

Biaya makan di restoran atau warung makan dekat penginapan atau di area destinasi tujuan biasanya akan menguras kantong. Untuk mengatasinya, cobalah untuk membeli bahan-bahan masakan lalu memasak sendiri. Selain porsi masakan yang didapat lebih banyak, juga bisa menyesuaikan dengan selera lidah anda.

 

Jauhi bepergian di tahun baru

Tak dipungkiri bahwa acara pergantian tahun lebih berwarna dibanding hari libur lainnya. Namun, kemacetan dan padatnya area destinasi akan membuat anda berpikir ulang untuk bepergian di waktu ini.

Tak lupa, seluruh harga akan dinaikkan oleh pihak penginapan maupun maskapai penerbangan.

Jika memungkinkan, mintalah izin kepada kantor untuk cuti di beberapa pekan sebelum atau sesudah tahun baru. Bahkan disarankan untuk traveling di waktu musim kemarau agar pengalaman yang didapat lebih seru dan menyenangkan.

 

Pilih Penginapan Murah

Hostel adalah pilihan terbaik untuk tempat menginap yang murah. Selain murah, terkadang jika anda beruntung, kondisi penginapan didapati bersih, aman, nyaman, dan dekat dengan destinasi tujuan.

Kalau pun agak jauh dari spot wisata pilihan, tak mengapa untuk berjalan kaki sambil menikmati panorama sekitar. Dan barangkali anda bisa bertemu dengan para traveler lainnya sehingga berdiskusi dengan mereka akan membuat perjalanan lebih bernilai.

 

Sedikit Belanja

Hal lumrah yang terjadi kepada traveler adalah memborong pernak-pernik. Guna memangkas ongkos, tentu mengurangi sedikit belanjaan tidak lah rugi.

Belilah barang yang unik dan tidak didapati di kampung halaman sehingga anda akan merasa senang dengan pengalaman selama perjalanan ketika pulang ke rumah.

Atau perbanyak dokumentasi baik foto maupun video yang akan membuat takjub dan puas terhadap traveling anda. Dokumentasi selayaknya bernilai istimewa agar kelak dapat menceritakan pengalaman-pengalaman tersebut kepada sanak keluarga lainnya atau para sahabat.

 

Booking destinasi tujuan

Memesan terlebih dahulu akan membuat anda irit budget. Karena tentunya bakal ada promo besar-besaran oleh pihak travel, maskapai, maupun penginapan. Tapi, pastikan bahwa anda telah menyeleksi segala hal terkait ketiga faktor tadi agar liburan anda berkesan.

 

Pakai transportasi massal

Moda transportasi massal adalah hal wajib bagi para traveler minim anggaran. Di beberapa negara seperti Jepang, Korea, dan negara-negara wisata lainnya, moda transportasi ini sangat nyaman karena kebersihan dan keamanannya.

Adapun bila sekedar berwisata domestik, maka pilihan ini tetap menjadi rekomendasi meskipun dalam hal kenyamanan tentunya berbeda dengan negara-negara tujuan wisata.

Untuk perjalanan domestik, pastikan untuk mengecek kendaraan umum apa saja yang bisa mengantar anda ke destinasi tujuan. Cek juga biaya sekali perjalanan untuk memudahkan anda menyiapkan uang pembayaran.

Posting Komentar untuk "7 Tips Agar Uang Hemat Saat Traveling"